Sukses

Pedagang Keluhkan Tingginya Harga Cabai

Pedagang sayuran di pasar tradisional keluhkan masih tingginya harga sejumlah komoditas sayur.

Liputan6.com, Jakarta - Pedagang sayuran di pasar tradisional mengeluhkan masih tingginya harga sejumlah komoditas sayur, di antaranya cabai dan bawang merah. Harga kedua sayuran tersebut ‎telah merangkak naik sejak sebulan terakhir.

Seperti diungkapkan Sarti, salah satu pedagang sayuran di PD Pasar Jaya Pasar Buncit, Jakarta Selatan.‎ Menurut dia, harga cabai merah keriting masih bertahan di Rp 60 ribu per kg. Meski telah turun dibandingkan pekan lalu, harga saat ini dinilai masih tergolong tinggi.

"Harganya sudah turun, tapi tetap masih tinggi. Kalau kemarin Rp 65 ribu, malah sampai hampir Rp 70 ribu, sekarang sudah turun jadi Rp 60 ribu," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Senin (5/12/2016).

Selain cabai merah keriting, harga jenis cabai lain juga masih tinggi‎. Seperti harga cabai rawit merah Rp 55 ribu per kg, cabai rawit hijau Rp 50 ribu per kg, dan cabai merah besar Rp 60 ribu per kg.

Sementara itu, untuk bawang merah masih bertahan ‎pada harga Rp 45 ribu per kg. Tingginnya harga cabai dan bawang merah ini lantaran pasokan yang menurun yang merupakan dampak dari tingginya curah hujan di berbagai wilayah di Indonesia.

"Yang masih tinggi lagi itu bawang. Mungkin karena musim hujan jadi pasokannya sedikit. Biasanya seperti itu," tandas dia.

‎Berikut daftar harga sayuran berdasarkan Pantauan Liputan6.com:

- Cabai merah keriting Rp ‎60 ribu per kg
- Cabai merah besar Rp 60 ribu per kg
- Cabai rawit merah Rp 55 ribu per kg
- Cabai rawit hijau Rp 50 ribu per kg
- Bawang merah Rp 45 ribu per kg
- Bawang putih Rp 40 ribu per kg
- Kentang Rp 13 ribu per kg
- Tomat Rp 15 ribu per kg
- Wortel Rp 12 ribu per kg
- Daun sawi Rp 10 ribu per kg
- Kol Rp 10 ribu per kg.

(Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini