Harga Cabai Tetap Tinggi hingga Tahun Depan

Oleh Achmad Dwi Afriyadi pada 03 Des 2016, 20:00 WIB
Diperbarui 03 Des 2016, 20:00 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai di pasar tradisional diperkirakan akan terus tinggi sampai Januari tahun depan. Harga cabai di pasar tradisional diperkirakan bisa mencapai Rp 70 ribu per kg.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Agrobisnis Cabai Indonesia (AACI) Abdul Hamid mengatakan, tanaman cabai di tingkat petani memang masih banyak. Namun, musim hujan yang berkepanjangan membuat tanaman tersebut rusak karena jamur.

"Saya (sampai Januari) perkirakan di petani Rp 40 ribu per kg hampir Rp 45 ribu per kg, biasanya di pasar Rp 60 ribu- Rp 70 ribu per kg," kata dia kepada Liputan6.com, Sabtu (3/12/2016).

Saat ini, harga cabai di petani berada di rentang harga Rp 26 ribu per kg sampai Rp 30 ribu per kg untuk semua jenis cabai. Dengan kondisi ini, maka harga jual di pasaran seharusnya di kisaran Rp 45 ribu per kg sampai Rp 50 ribu per kg.

Pantauan Liputan6.com Jumat pekan ini, harga cabai bertahap mengalami penurunan. Imam (31), Pedagang Pasar Kebayoran Lama Jakarta mengatakan, cabai keriting merah dibandrol Rp 70 ribu per kg pada awal pekan ini. Kemudian, turun menjadi Rp 60 ribu per kg.

Begitu juga dengan rawit merah. Mulanya dihargai Rp 60 ribu per kg. Kini cabai tersebut dihargai Rp 50 ribu per kg. "Baru turun tiga hari kemarin," kata dia.

Sebelumnya pada 2 Desember 2016, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution mengaku siap membuka keran impor cabai jika harga komoditas pangan ini terus bergerak naik. Saat ini harga cabai berada di kisaran Rp 60 ribu-Rp 65 ribu per Kilogram (Kg) yang sudah mendekati harga tertinggi.

"Kalau harganya naik lagi, kalau terlalu mahal, mau tidak mau kita cari dari luar (impor)‎. Tapi kita lihat nanti," kata Darmin saat ditemui di rumah dinasnya, Komplek Widya Chandra, Jakarta, Jumat (2/12/2016).

Potensi impor cabai, Ia mengakui, berasal dari Thailand, Vietnam, dan Malaysia. Menurut Darmin, impor pun harus melihat kondisi di negara tersebut, karena pemerintah pernah mencari solusi yang sama saat harga bawang merah berada di kisaran Rp 40 ribu-Rp 50 ribu per Kg. Namun ketiga negara tersebut sedang mengalami kekeringan sehingga kekurangan produksi bawang.

"Jadi kalau mau impor juga tergantung situasi. Bisa ada, bisa juga tidak karena tidak selalu ada (pasokan)," ucap dia.

Saat ini, kata Darmin, harga cabai Rp 60 ribu-Rp 65 ribu per Kg sudah berada di puncak. Harga tertinggi untuk cabai pernah menembus lebih dari Rp 70 ribu per Kg pada 3 tahun lalu. (Amd/Gdn)

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya