Menhub Ingin Buka Rute Penerbangan Bandung-Bangkok

Oleh Septian Deny pada 26 Nov 2016, 12:30 WIB
Diperbarui 26 Nov 2016, 12:30 WIB

Liputan6.com, Bandung - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta PT Angkasa Pura (AP) II untuk membuka lebih banyak penerbangan internasional dari dan menuju Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat. Hal ini seiring dengan rampungnya terminal internasional di bandara tersebut.

Budi mengungkapkan, selama ini bandara tersebut telah melayani penerbangan ke Malaysia dan Singapura. Dengan selesainya revitalisasi terminal internasion‎al maka akan dibuka penerbangan ke Bangkok, Thailand.

"Sekarang sudah ada Johor, Kuala Lumpur, Singapura. Saya minta coba ke Bangkok," ujar dia saat melakukan kunjungan ke Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat, seperti ditulis Sabtu (26/11/2016).

Budi mengatakan, penerbangan dengan rute Bandung-Bangkok ini terbuka untuk semua maskapai. Nanti akan dilihat kemampuan dari maskapai yang ingin mendapatkan slot penerbangan pada rute ini.

"Terserah (maskapainya). Ada Lion, Airasia. Jadi yang buat kita senang penerbangan kita baik Garuda maupun yang lain punya hubungan baik dengan beberapa negara tetangga, nanti mana yang bisa," kata dia.

Budi Karya Sumadi mengatakan, Bandung memiliki potensi besar untuk dapat menarik penumpang internasional, khususnya para wisatawan asing. Hal ini mengingat Bandung menjadi salah satu tujuan wisata populer di Indonesia.

"Bandung ini dikenal sebagai Paris van Java, artinya destinasi wisata. Oleh karena itu AP II kita buat bandara ini dengan desain sebaik-baiknya. Wisatawannya dari dalam dan luar negeri," ujar dia. (Dny/Ahm)