Pembangunan Terminal Bandara Husein Satranegara Capai 97 persen

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 26 Nov 2016, 09:31 WIB
Diperbarui 26 Nov 2016, 09:31 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan pembangunan terminal penumpang internasional Bandara Husein Sastranegara Bandung akan selesai dan mulai beroperasi pada Januari 2017.

Saat ini, PT Angkasa Pura II (Persero) tengah mengembangkan terminal penumpang internasional Bandara Husein Sastranegara  Bandung, Jawa Barat. Kemajuan pengembangannya telah mencapai 97 persen.

"Progress-nya sudah 97 persen, tinggal dibersihkan dan kelengkapan-kelengkapan lainnya", ujar dia, Sabtu (26/11/2016).

Terminal internasional yang dioperasikan pada Januari 2017 ini akan memiliki kapasitas 1 juta penumpang per tahun. Sebelumnya jumlah penumpang internasional mencapai dari 600 ribu penumpang per tahun.

Budi menuturkan, Bandung telah menjadi tujuan wisata baik wisatawan dari dalam maupun luar negeri, "Jumlah wisatawan ke Bandung beberapa tahun lalu belum sampai 2 juta sekarang sudah 3,4 juta, ini sangat menggembirakan," ujar dia.

Ia menambahkan, saat ini Bandara Husein Sastranegara melayani tiga rute penerbangan internasional antara lain ke Johor, Kuala Lumpur, dan Singapura. Budi meminta kepada pengelola Bandara untuk membuka rute penerbangan ke Bangkok, Thailand. Budi menuturkan, hal ini untuk membuka konektivitas internasional.

"Saya minta (buka rute) ke Bangkok, nanti kalau sudah Bangkok mana lagi negara yang mungkin, kita ingin sekali semua tujuan destinasi wisata punya konektivitas dengan internasional tidak saja nasional, sehingga bisa mengembangkan pariwista di Bandung,", ujar dia.

Budi Karya Sumadi berharap Pemerintah Daerah maupun PT Angkasa Pura terus mensupport kemajuan dan perkembangan pariwisata khususnya di Bandung. (Yas)

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Sayur Online Rezeki Puasa