Sukses

Tips Seimbangkan Pekerjaan Utama dengan Sampingan

Bagaimana cara agar bisa menyeimbangkan antara pekerjaan utama, freelance, dan juga kehidupan pribadi Anda sehari-hari?

Liputan6.com, New York - Bekerja sebagai pekerja lepas atau freelance saat ini dilakukan oleh banyak orang meskipun mereka sebenarnya telah memiliki pekerjaan utama. Alasannya selain bisa menambah pemasukan, bagi sebagian orang, bekerja sebagai freelance juga merupakan sebuah tantangan. Namun terkadang saking menikmatinya, pekerjaan utama justru sering terabaikan.

Bagaimana cara agar bisa menyeimbangkan antara pekerjaan utama, freelance, dan juga kehidupan pribadi Anda sehari-hari? Laman huffingtonpost membagi beberapa tips, berikut ulasannya:

Menjadwalkan quality time

Bila pekerjaan Anda menyita waktu, anggaplah pekerjaan sebagai ‘anak-anak’ Anda. Curahkan waktu yang berkualitas antara pekerjaan utama dan pekerjaan sebagai freelance. Sehingga masing-masing mendapat waktu dan perhatian yang dibutuhkan untuk berkembang. Anda harus menentukan berapa banyak waktu yang dihabiskan pada aspek-aspek pekerjaan Anda berdasarkan pada berapa banyak uang yang diperoleh.

Misalnya, jika 70 persen uang yang Anda peroleh berasal dari pekerjaan klien di freelance atau sebaliknya, maka perlu untuk mencurahkan 70 persen dari jam kerja Anda. Jika Anda bekerja 10 jam sehari, maka setidaknya selama 7 jam Anda harus fokus pada pekerjaan tersebut. Kemudian Anda dapat membagi sisa waktu yang ada untuk fokus pada pekerjaan lainnya.

Memetakan jadwal

Buatlah daftar pekerjaan harian Anda secara terjadwal setiap minggunya. Selain itu buat juga jadwal ulang, misal ada pekerjaan yang tidak bisa Anda selesaikan pada hari ini, maka Anda bisa menjadwal di hari berikutnya.

Jadwal ini berlaku untuk pekerjaan utama maupun pekerjaan Anda sebagai freelance. Hal ini untuk membuat waktu yang Anda miliki lebih teratur.

Waktu

Luangkan waktu buat hobi

Mantan pelatih basket terkenal John Wooden pernah berkata, "Jangan biarkan kegiatan mencari nafkah mencegah Anda menikmati kehidupan."Ya mengabdikan banyak waktu untuk bekerja memang perlu, tapi pastikan juga Anda mengambil waktu untuk bersantai dan menikmatinya.

Pilih satu hari dalam seminggu di mana Anda memiliki waktu luang tanpa gangguan. Misalnya berkumpul bersama keluarga atau melakukan hobi seperti surfing, sky diving, yoga, menonton film atau membaca buku, Anda bukan robot, karenanya nikmatilah hidup.

Dengan cara ini akan menyegarkan pikiran dari kesibukan kerja yang sudah dilalui selama seminggu serta dapat mencegah kelelahan.

Buat garis keseimbangan

Buat garis keseimbangan yang jelas antara pekerjaan utama dengan pekerjaan sebagai freelance. Seperti waktu kerja, jadwal meeting, dan waktu istirahat.

Akhirnya jangan lupa untuk selalu bekerja dengan ‘hati’ karena setiap pekerjaan yang dilakukan dengan hati hasilnya akan maksimal dan membuat Anda santai.

Namun tetap tidak lupa juga memberikan waktu untuk beristirahat. Setidaknya cobalah menerapkan satu tips di atas dalam rangka menyeimbangkan kehidupan kerja Anda. (Dhita/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini