Sukses

Demi Layani Turis Tiongkok, Pemerintah Buat Sekolah Khusus

Wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Utara pada 2015 sebanyak 7 juta orang.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah telah sepakat untuk membuat sekolah vokasi khusus untuk melayani wisatawan dari Tiongkok. Hal ini dipastikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Muhadjir Effendi‎.

Dalam Rakernas Kamar Dagang dan Industri (Kadin) di Hotel Sari Pan Pasifik, Jakarta, Muhadjir mengaku pendirian sekolah vokasi khusus ini akan berada di Provinsi Sulawesi Utara.

"Saya sudah bicara dengan Gubernur Sulawesi Utara, nanti di salah satu kotanya kita akan SMK khusus yang lulusannya kita siapkan untuk melayani wisatawan dari Tiongkok," kata Muhadjir, Senin (21/11/2016).

Dibentuknya sekolah vokasi di Sulawesi Utara ini dikarenakan Gubernur Sulut saat ini mulai kuliah untuk melayani membludaknya wisatawan, khususnya dari Tiongkok.

Dikatakan Muhadjir‎, nantinya sekolah vokasi ini akan mendapat pendidikan mulai dari bahasa Tiongkok, bagaimana beradaptasi dengan dengan budaya Tiongkok, hingga memasak masakan Tiongkok.

"Nanti akan kita mulai di 2017. Bahkan nanti murid-muridnya akan kita kirim ke Tiongkok khusus, agar nanti saat masuk ke dunia kerja dia punya kompetensi khusus," terangnya.

(Yas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.