Sukses

Hadapi Cuaca Buruk di Jakarta, Begini Persiapan PLN

PLN Disjaya telah melakukan persiapan teknis untuk menghadapi cuaca buru‎k.

Liputan6.com, Jakarta PT PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) mengimbau masyarakat agar tidak mengkhawatirkan kondisi kelistrikan Jakarta saat kondisi cuaca buruk seperti saat ini. Sebab, PLN sudah melakukan berbagai persiapan untuk menghadapinya.

General Manager PLN Disjaya Syamsu Huda mengatakan, PLN Disjaya telah melakukan persiapan teknis untuk menghadapi cuaca buru‎k. Antara lain meninggikan gardu distribusi yang rawan banjir supaya supaya tidak mengalami gangguan.

"PLN tidak akan melakukan pemadaman listrik, kecuali wilayahnya sudah terendam untuk menjaga keselamatan masyarakat," kata Syamsul, di kawasan Cikini, Jakarta, Senin (14/11/2016).

Syamsul melanjutkan, untuk menghadapi cuaca buruk‎, PLN juga telah mengerahkan petugas guna melakukan pengecekan terhadap jaringan Tegangan Listrik 20 KV di seluruh wilayah Kerja PLN Disjaya, terutama wilayah rawan banjir‎.

Upaya agar gangguan kelistrikan cepat teratasi, PLN Disjaya menerapkan piket personel yang terbagi dalam tiga shift di masing-masing area dan siaga 24 jam dengan jumlah 1.200 personel.

Mereka juga akan didukung berbagai peralatan, yaitu gardu bergerak 14 unit, travo bergerak 16 unit, unit bergerak delapan unit, genset‎ 13 unit, dan mobil deteksi gangguan enam unit.

Atas persiapan tersebut, Syamsu mengimbau masyarakat tidak mengkhawatirkan kondisi kelistrikan Jakarta.

"Ini persiapan menghadapi cuaca ekstrem sedia payung sebelum hujan.‎ Masyarakat tidak perlu risau dengan adanya cuaca ekstrem karena PLN telah melakukan persiapan. Kalau terjadi maka kami akan terjunkan tim ini," ucap Syamsul. (Pew/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.