Ini Jurus Sukses Negosiasikan Gaji Tinggi

Oleh Dhita Koesno pada 11 Nov 2016, 07:15 WIB
Diperbarui 11 Nov 2016, 07:15 WIB
Tips dan Trik Lakukan Nego Gaji dengan Perusahaan Baru
Perbesar
Berikut tips dan trik lakukan nego gaji dengan perusahaan baru.

Liputan6.com, Jakarta - Gaji merupakan hal paling sensitif dibicarakan pada saat wawancara kerja, apalagi ketika sudah bekerja lama dan ingin mengajukan kenaikan gaji lebih tinggi dari sebelumnya.

Melansir laman Businesstech, berikut ini lima tips dan trik yang dapat Anda lakukan saat melakukan negosiasi untuk mendapatkan gaji lebih tinggi:

1.  Sebelum berbicara, latih terlebih dahulu cara menyampaikannya

Berhasilnya seseorang saat bernegosiasi gaji, biasanya berdasar dengan kemantapan hati saat mengutarakannya. Bukan berarti saat pertama kali mengajukan gaji tinggi langsung diterima, Anda harus cari celah ketika membicarakannya.

 

Jika terlihat ada penolakan, sampaikan dengan ketegasan tapi bukan berarti memaksa.  Sebaiknya sebelum berbicara langsung dengan atasan atau HRD, cari orang yang mengerti maksud Anda, kemudian latih omongan Anda, minta dia nilai apakah cara berbicara Anda sudah layak atau tidak ketika menyampaikannya.

2. Gunakan bahasa tubuh

Sebelum bernegosiasi, cobalah latihan mengambil pose dengan menggunakan bahasa tubuh. Lihat di cermin bagaimana pose Anda. Mungkin kedengarannya konyol, tapi biasanya ini akan berhasil, tampilkan mimik serius dengan pose tubuh tegak ketika Anda menyampaikannya. Hal ini menunjukkan bahwa Anda bersungguh-sungguh dengan apa yang diucapkan.

3. Siap menjelaskan gaji yang diminta

Agar berhasil saat bernegosiasi, Anda harus tahu persis alasan Anda meminta gaji yang tinggi. Bersiaplah menjawab pertanyaan, seperti “kenapa mengajukan gaji dengan nilai sebesar ini?”

Siapkan jawaban terbaik dan jelaskan secara detail tentang gaji yang diinginkan serta berikan informasi selengkapnya untuk mendukung semua jawaban Anda.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Percaya diri



4. Percaya diri

Meyakinkan diri sendiri saat bernegosiasi merupakan tantangan bagi banyak orang, jadi bukan Anda saja, perasaan takut atau tidak pede biasanya memang menghinggapi setiap orang yang akan bernegosiasi. Karenanya harus selalu tanamkan rasa percaya diri bahwa Anda bisa melakukannya dan yakin bakal disetujui.

Jika telah mempraktekkan hal-hal di atas dan permohonan juga sudah disetujui. Tunjukkan bahwa Anda pantas dengan gaji tinggi dengan melakukan pekerjaan secara profesional, berikan kompetensi dan kemampuan terbaik yang dimiliki untuk perusahaan Anda.

5. Tetap murah hati

Hanya karena permintaan Anda disetujui bukan berarti Anda merasa paling hebat. Sebagai balasan kepada atasan dan perusahaan tunjukkan Anda karyawan yang tahu berterima kasih. Tetap bersikap murah hati dan sederhana.

Bersukurlah bisa melakukan negosiasi kenaikan gaji dan diterima perusahaan. Ini berarti perusahaan menghargai usaha Anda, maka begitu pun sebaliknya sikap Anda kepada atasan dan perusahaan.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya