Sukses

Ibu di Inggris Rogoh Rp 3,5 Juta untuk Pesta Ulang Tahun Anak

Biaya pesta ulang tahun itu meliputi sewa tempat, makanan, kue ulang tahun, baju dan goody bag.

Liputan6.com, London - Rata-rata biaya pesta ulang tahun anak lebih dari 200 poundsterling  atau sekitar Rp 3,53  juta  (asumsi Rp 16.268 per poundsterling). Berdasarkan penelitian,orangtua berada di bawah tekanan untuk mencoba membuat pesta seperti keluarga lain lakukan.

Survei yang dilakukan Nationwide Current Account kepada 2.000 orangtua yang memiliki anak hingga usia 18 tahun. Dalam survei itu sebutkan kalau orangtua habiskan biaya 218 poundsterling atau sekitar Rp 3,5 juta per anak untuk pesta ulang tahun. Biaya tersebut termasuk sewa tempat,makanan,kue ulang tahun.

Tak hanya itu, biaya pesta ulang tahun tersebut juga meliputi pakaian pesta ulang tahun dan goody bag untuk para tamu.

Dari survei itu menyebutkan kalau,  52 persen orangtua mendongkrak biaya ulang tahun dari anggaran  yang sudah disiapkan. Hal itu dilakukan  untuk menunjukkan "kekuasaan" dan bersaing dengan keluarga lain.

Selain itu, 14 persen orangtua mengakui kalau menghabiskan dana pesta ulang tahun dari yang direncanakan lantaran ingin menyenangkan dan memanjakan anak selagi mereka masih bisa.

Adapun untuk membiayai pesta ulang tahun tersebut, empat persen orangtua juga menerima sumbangan dari keluarga dan kerabat. Sedangkan 15 persen orangtua menggunakan kartu kredit  untuk membiayai pesta ulang tahun. Lima persen orangtua menggunakan tabungannya.

"Bagi anak-anak hal terbaik untuk pesta ulang tahun dapat menghabiskan waktu bersama teman-teman mereka dari pada acara mewah sehingga orangtua tidak perlu merasa di bawah tekanan untuk memberi," ujar Kepala Nationwide Building Society Giro, Phil Smith seperti dikutip dari laman Mirror.co.uk, Selasa (14/11/2016).

Hadiri Pesta Ulang Tahun Juga Perlu Biaya

Keluarkan Biaya Juga untuk Hadiri Pesta Ulang Tahun

Ternyata bagi tamu pesta ulang tahun juga perlu merogoh kocek.  Biaya untuk menghadiri pesta ulang tahun malah meningkat. Seorang anak rata-rata menghabiskan dana 10,86 poundsterling untuk hadiri pesta ulang tahun. Dana itu untuk membeli kartu  dan hadiah.

Rata-rata, orangtua menyebutkan kalau anak mereka menghadiri pesta ulang tahun temannya dapat mencapai empat kali pada tahun lalu. Adapun sekitar enam persen orangtua menyebutkan anaknya dapat hadiri pesta ulang tahun temannya lebih dari 10.

Meski demikian, tak seluruhnya orangtua mendorong anaknya untuk hadiri pesta ulang tahun. Sekitar 14 persen orangtua yang disurvei mengaku kalau melewatkan undangan pesta ulang tahun lantaran undangannya ketinggalan di tas sekolah anak. Sekitar 10 persen, orangtua juga berpura-pura tak hadir pesta ulang tahun teman anak lantaran anak sakit. Bahkan ada juga alasan orangtua untuk tak boleh anaknya ikut pesta ulang tahun lantaran tak suka orangtua teman anak.

Meski demikian,tak perlu khawatir bila biaya pesta ulang tahun anak menghabiskan pengeluaran Anda. Berikut sejumlah tips untuk menekan biaya pesta ulang tahun anak:

1. Mengadakan pesta ulang tahun di rumah bila Anda memiliki taman besar. Atau di lingkungan rumah Anda memiliki taman. Sebaiknya memakai taman di rumah dan lingkungan teman tinggal sehingga menekan biaya sewa  tempat.

2. Lihat apakah teman Anda ada juga yang berulang  tahun yang sama dengan anak Anda dan dekat hari ulang tahunnya. Anda dapat bekerja sama untuk adakan pesta ulang tahun sehingga kurangi biaya hiburan,kue dan goody bag.

3.Anda juga dapat memanfaatkan kreativitas dari rumah dengan membuat dekorasi pesta ulang tahun sendiri. Tak hanya itu tetapi juga buat makanan. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini