Sukses

Hobi Anda Hasilkan Uang? Pastikan Dulu 4 Hal Ini

Hobi menjadi sarana untuk memenuhi kebutuhan secara batiniah sehingga menghindarkan diri dari kejenuhan.

Liputan6.com, Jakarta - Mencari penghasilan tambahan adalah hal wajar yang diinginkan setiap orang, terlebih apabila pendapatan tambahan dapat dicari melalui hobi yang ditekuni.

Hobi merupakan pemenuhan kebutuhan secara batiniah untuk menghindari diri dari kejenuhan dan kelelahan yang berlarut-larut. Kegiatan usaha yang ditekuni mulai dari hobi sering berhasil karena Anda dapat melakukan bisnis tersebut dengan senang hati. Anda pun tidak merasa terpaksa dalam bekerja sehingga Anda dapat melakukannya secara maksimal.

Untuk memastikan, hobi Anda dapat menghasilkan uang, Anda perlu memastikan hal-hal berikut ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (7/11/2016):

1. Alokasikan waktu yang lebih banyak untuk hobi Anda guna menghasilkan kualitas hasil dan kuantitas yang lebih tinggi.

Kualitas dan kuantitas tinggi memungkinkan hasil karya untuk lebih diminati dan membantu anda untuk berlatih diri menghasilkan karya yang lebih baik.

2. Perdalam pengetahuan mengenai hobi Anda melalui kursus-kursus pembelajaran atau seminar mengenai hobi Anda. Melalui kursus dan pelatihan ekstra, Anda akan dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan atas produk jualan anda.

3. Belajarlah dari orang-orang yang telah sukses menjadikan hobi sebagai penghasil uang mereka. Selain mendapatkan ilmu lebih, Anda pun dapat memperluas jaringan bisnis dan informasi terbaru dari kenalan anda.

4. Jangan ragu untuk menawarkan hasil karya Anda kepada teman atau toko-toko penjual produk serupa. Dari kegagalan tersebut, Anda akan lebih banyak belajar hal apa yang harus Anda ubah dan perbaiki.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Hobi Hasilkan Uang


Setelah Anda memastikan hal tersebut, ini beberapa contoh hobi dan cara untuk menggunakan hobi tersebut untuk menghasilkan uang:

1. Fotografi

Fotografi adalah hobi yang merupakan suatu kegiatan seni, dan banyak cara untuk menjadikan hobi fotografi sebagai penghasil uang.

Salah satu cara adalah dengan menawarkan foto anda kepada klien-klien melalui platform online seperti Flickr atau Shutterstock. Anda pun dapat bekerja sama dengan EO (Event Organiser) untuk menjadikan Anda sebagai salah satu tim dokumentasi paruh waktu.

2. Menulis
Mempunyai hobi menulis memiliki peluang yang sangat besar untuk dijadikan mata pencaharian. Opsi pertama adalah menjadi penulis lepas waktu (freelance writer) melalui website freelance yang beragam.

Selain membuat tulisan original, anda pun dapat membantu merapikan atau mengedit hasil karya orang. Cara lainnya untuk mencari penghasilan tambahan dengan menulis adalah memberikan pelatihan atau membuka kursus.

3. Desain grafis
Walaupun telah banyak website atau aplikasi yang memungkinkan anda untuk membuat desain logo hingga gambar grafis, pelaku desain grafis yang mahir masih tetap diminati oleh banyak orang karena sulitnya mendapatkan desain yang unik.

Jika Anda hobi desain grafis, anda dapat menerima tawaran melalui situs freelance atau bekerja sama dengan perusahaan percetakan sebagai salah satu contoh.

4. Olahraga
Jika Anda menyukai olahraga, anda dapat menjadikan hobi anda sebagai mata penghasilan dengan menjadi instruktur fitness atau olahraga pada gym.

Anda pun memiliki opsi untuk menjadi personal trainer (pelatih pribadi) panggilan dengan waktu yang lebih fleksibel sehingga anda dapat lebih menyesuaikan kesibukan anda dengan permintaan pelanggan.

5. Videografi

Jika Anda hobi membuat dan mengedit video, mungkin ada baiknya jika anda mencoba membuat video-video kreatif dan dipublikasikan melalui situs seperti Youtube atau Vimeo.

Banyak pula korporasi yang telah menggunakan video melalui sosial media untuk mempromosikan jasa dan produk mereka. Berikanlah portfolio Anda dengan kreatif dan unik melalui situs video tersebut.

6. Membuat blog

Keterbukaan dan kemudahan akses internet, mendukung para penulis blog untuk mencurahkan minat mereka, entah itu berupa bidang fashion, kesehatan, makanan hingga politik.

Menghasilkan uang dari blog adalah dengan tawaran iklan yang datang karena pengunjung blog Anda banyak. Mulailah menulis blog mengenai hal yang Anda sukai dan tetaplah kreatif dan ciptakan blog yang unik dan menarik.

Nikmati Hobi Tersebut

Masih ada banyak hobi-hobi kekinian lain yang dapat Anda geluti untuk menghasilkan uang. Meski begitu, yang terpenting dalam menjadikan hobi sebagai sumber mata penghasilan adalah jangan terlalu memporsir diri Anda. Tetaplah bersantai dalam menjalankannya dan hindari menjadikan hobi tersebut sebagai tekanan untuk Anda. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini