Sukses

MedcoEnergi Tuntaskan Akuisisi Saham Newmont

MedcoEnergi dan AP Investment mendapatkan dukungan dari tiga bank BUMN untuk akuisisi saham Newmont.

Liputan6.com, Jakarta - PT Medco Energi Internasional Tbk (MedcoEnergi) telah menyelesaikan transaksi akuisisi 50 persen kepemilikan atas ‎PT Amman Mineral Investama yang memiliki 82,2 persen kepemilikan atas PT Newmont Nusa Tenggara (NNT). ‎

Presiden Direktur MedcoEnergi, Hilmi Panigoro mengatakan, transaksi ini langsung memberikan nilai tambah. Transaksi ini juga pencapaian yang sangat penting bagi Perseroan dan semua pemangku kepentingan termasuk pemerintah Indonesia.

Untuk melakukan transaksi ini, MedcoEnergi dan AP Investment bekerja sama sejak tahun lalu  dan mendapat dukungan positif dari tiga bank BUMN terbesar.

‎"Kami bangga dengan komitmen dan prestasi kami dalam pencapaian standar keamanan, lingkungan, tanggungjawab sosial dan sumberdaya manusia yang berkelas dunia. Dengan operasi NNT yang berskala dunia, MedcoEnergi sebagai perusahaan swasta nasional memasuki transformasi dari kelas dunia menjadi berskala dunia," kata Hilmi, di Jakarta, Kamis (3/11/2016).

Sementara itu, Presiden Komisaris MedcoEnergi, Muhammad Lutfi mengungkapkan, transaksi ini membuktikan dan memperkuat lebih lanjut visi, misi dan nilai MedcoEnergi.

Perseroan beraspirasi menjadi salah satu kontributor utama pembangunan ekonomi nasional, unggul dalam kompetisi global, pelopor dalam mempromosikan kemajuan dan inovasi, serta terdepan dalam memastikan keberlanjutan dalam segala aspek kegiatan Perseroan.

Pendiri MedcoEnergi Arifin Panigoro menambahkan, langkah berikutnya bagi Perusahaan adalah turut andil dalam memastikan negara Indonesia yang kaya akan sumber daya dapat memiliki sumber daya dengan kualitas, efisiensi, dan utilisasi yang baik sebagai daya saingnya. Akses ke sumber daya energi, mineral dan tenaga kerja berkualitas tinggi adalah hak asasi dari setiap warga Indonesia.

"Rasa terima kasih yang besar saya haturkan kepada Pemerintah RI yang dapat melihat nilai strategis langsung dari transaksi ini dan hari ini adalah pembuktian lanjut dari dukungan mereka kepada MedcoEnergi, untuk menjadi pelopor global dengan perspektif dan keyakinan kami," ucap Arifin.

PT Newmont Nusa Tenggara mengoperasikan tambang tembaga dan emas Batu Hijau yang berskala dunia di Kepulauan Sumbawa, Indonesia, dan memiliki akses terhadap beberapa prospek eksplorasi dan temuan cadangan yang besar di Elang dimana semuanya termasuk di dalam Kontrak Karya yang dimiliki. Pada 2015, produksi dari Batu Hijau mencapai 240 juta lbs tembaga dan 0,3 juta oz emas. (Pew/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini