Sukses

Antasena, Kapal Tank Buatan Pindad Pertama di Dunia

Direktur Komersial Pindad Widjajanto mengatakan tank boat ini merupakan pertama yang diproduksi di dunia.

Liputan6.com, Jakarta PT Pindad (Persero) memperkenalkan produk terbarunya‎ Tank Boat 105 mm dengan nama Antasena. Nama ini diberikan langsung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) saat berkunjung ke area pameran Pindad dalam Indo Defence 2016 di JIExpo Kemayoran.

Direktur Utama PT Pindad‎ Abraham Mose mengatakan, tank boat ini merupakan terjemahan dari kondisi dan tantangan geografis Indonesia yang memiliki ribuan pulau dan perairan. Produk pertahanan ini merupakan kerja sama antara Pindad dengan PT Laudin Industry Invest dan CMI Defence.

"Kami mencoba menggabungkan konsep persenjataan berat kaliber 105 mm dalam sebuah wahana air yang mampu bergerak cepat dan memiliki daya gempur luar biasa," ujar dia di JIExpo Kemayoran, Jakarta, Rabu (2/11/2016).

Sementara itu, Direktur Komersial Pindad Widjajanto mengatakan tank boat ini merupakan pertama yang diproduksi di dunia. Sedangkan penamaan Antasena berasal dari mitologi pewayangan yang menjadi ciri khas Indonesia.

"Ini kapal yang pertama, belum pernah ada di dunia. Kalau nama Antasena dari mitologi wayang, Gatot Kaca di udara, Antareja yang nembus bumi, Antasena yang di air," kata dia.

Kapal ini memiliki panjang 18 m dan bisa beroperasi di perairan dangkal 90 cm hingga perairan laut dalam. Ini dinilai cocok dengan kondisi geografis Indonesia yang punya banyak perairan.‎

"Bisa di sungai, danau, rawa karena dia pakai water jet, bukan baling-baling," lanjut dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini