Pasar Apartemen Berkembang ke Pasangan Muda

Oleh Arthur Gideon pada 29 Okt 2016, 17:40 WIB
Diperbarui 29 Okt 2016, 17:40 WIB
Pasangan muda ini juga tidak memilih tipe studio atau apartemen dengan satu kamar tidur melainkan memilih unit dua kamar tidur yang lapang.
Perbesar
Pasangan muda ini juga tidak memilih tipe studio atau apartemen dengan satu kamar tidur melainkan memilih unit dua kamar tidur yang lapang.

Liputan6.com, Jakarta - Pasar apartemen mulai melebar. Semula pembeli apartemen adalah kalangan berumur dengan segmentasi menengah ke atas. Kini, banyak pembeli apartemen merupakan pasangan muda dengan segmentasi menengah. 

Pengamat properti Ali Tranghanda menjelaskan, pasangan muda menyasar ke apartemen dengan harga antara Rp 300 juta per unit sampai dengan Rp 500 juta per unit. Menurut Ali, segmen tersebut selama ini belum digarap pengembang.

"Pasangan muda yang dikenal dengan generasi Y ini membeli properti dengan kritis. mereka banyak pertimbangan sebelum memutuskan membeli seperti kemudahan akses angkutan dan fasilitas umum," kata Ali, Sabtu (29/10/2016).  

Pasangan muda ini juga tidak memilih tipe studio atau apartemen dengan satu kamar tidur melainkan memilih unit dua kamar tidur yang lapang. Fasilitas yang ada di apartemen tersebut harus menunjang kerja mereka.

Lokasi yang menjadi incaran pasangan muda dari segmen menengah ini diantaranya di kota-kota luar Jakarta seperti di Barat sampai ke kabupaten Tangerang, Timur sampai ke Bekasi, sedangkan Selatan sampai ke Cibubur dan Cimanggis.

Pemilihan lokasi tersebut karena harga masih terjangkau ketimbang harus memilih di pusat kota Jakarta yang harganya sudah terlalu tinggi. Selain itu, karena akses transportasi sudah ada maka mereka tidak akan kesulitan untuk ke Jakarta untuk berkerja.

Pasangan muda ini juga mencari lokasi yang dekat dengan berbagai fasilitas umum seperti pusat olah raga, pasar, mal, tempat makan, hiburan, dan lain sebagainya. Untuk menjangkau fasilitas tersebut tidak perlu menggunakan kendaraan.

Tingginya pasar apartemen khususnya pasangan muda dari segmen menengah rupanya menarik bagi PT Lippo Karawaci Tbk. Belum lama ini pengembang tersebut meluncurkan produk Urban Homes dengan harga mulai dari Rp 438 juta.

CEO Lippo Homes Chan Chee Meng menjelaskan, pasar keluarga muda dari segmen menengah ini sangat besar mencapai 55 juta orang. Karena pasar masih terbuka lebar tersebut maka Lippo memutuskan untuk menggarap segmen ini.

Sebagai tahap awal Urban Homes akan dibangun di Lippo Village, Karawaci, Kabupaten Tangerang. Lippo Village saat ini yang merupakan kota mandiri dilengkapi fasilitas lengkap seperti sekolah, universitas, pusat belanja, fasilitas olah raga termasuk lapangan golf, hotel, tempat ibadah, dan lain sebagainya.

Selain itu, apartemen ini juga akan dilengkapi sky garden, lapangan multifungsi yang bisa digunakan untuk futsal, basket, tenis. Lippo juga menyediakan arena bermain anak, outdoor exercise berikut lintasan lari, serta ruang serba guna. (Gdn/Ndw)