Sukses

Ini Cara Pindahan Rumah Tanpa Keluar Biaya

Anda berencana pindah rumah sebelum akhir tahun ini?

Liputan6.com, Jakarta - Baru-baru ini Bank Indonesia (BI) baru saja mengeluarkan aturan baru tentang rasio Loan to Value (LTV) atau uang muka rumah. Berdasarkan aturan yang tertuang dalam PBI No. 18/16/PBI/2016 tentang Rasio Loan to Value untuk kredit properti, uang muka untuk rumah pertama turun dari semula 20 persen menjadi hanya 15 persen.

Sementara uang muka KPR rumah kedua jadi 20 persen dan uang muka KPR rumah ketiga menjadi 25 persen.  Aturan ini resmi berlaku sejak 29 Agustus 2016.

Tentunya kebijakan ini menjadi keuntungan bagi Anda yang sudah lama mendambakan punya rumah sendiri. Kalau sudah memutuskan untuk mengambil KPR, saatnya lakukan persiapan untuk pindah dari kontrakan ke rumah impian.

Mengapa harus melakukan persiapan? Pasalnya pindahan rumah bisa menguras isi kantong Anda lho. Berikut tips supaya acara pindah rumah lebih hemat seperti dikutip dari CekAja.com

Jual barang tak perlu

Mengangkut semua barang selain bisa membuat pengeluarkan makin boros. Karena artinya Anda harus bolak balik, belum lagi kalau menyewa jasa pindahan rumah. Supaya lebih hemat dan bahkan dapat uang tambahan, jual barang-barang yang sudah tidak digunakan.

Buat daftar barang lalu jual secara online atau tawarkan barang tersebut ke orang terdekat. Uang dari hasil jualan, bisa menutup biaya pindahan.(Baca juga: Ini Sebabnya Orang dengan Gaji Rp 5 juta Harus Beli Rumah Sekarang)

Buat daftar barang yang harus diangkut lebih dulu

Membuat urutan barang yang harus diangkut bisa membuat Anda lebih hemat. Misalnya angkut barang-barang yang ukurannya lebih kecil menggunakan mobil pribadi.

Apalagi kalau mobil Anda berjenis MPV atau Minibus. Karena jumlah muatannya banyak mobil tersebut bisa dimanfaatkan untuk mengangkut barang bawaan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bantuan orang terdekat


Manfaatkan bantuan orang terdekat

Kalau Anda tidak punya kendaraan pribadi atau tidak sanggup pindahan sendiri, jangan dulu memutuskan memakai jasa angkut barang.

Jika Anda punya kerabat yang mobilnya bisa dipinjami, jangan segan minta bantuan mereka. Namanya juga demi penghematan.

Kalau terpaksa pakai jasa angkut, cukup satu hari saja

Kalau ternyata proses pindahan memakan waktu berhari-hari dan tidak mungkin meminjam mobil tetangga terus menerus, barulah Anda gunakan jasa pindahan.

Tapi gunakan jasa tersebut maksimal satu hari saja. Sebab kalau sampai berhari-hari, biaya pindahan jadi membengkak. (Baca juga: 8 Hal yang Memotivasi Kamu agar Membeli Mobil Pertama Kali)

Bandingkan

Saat ini sudah banyak jasa pindahan yang memiliki situs online atau menjadi bagian dari perusahaan ojek online. Untuk mendapatkan yang termurah, bandingkan tarif antar perusahaan.

Jasa pindahan profesional juga biasanya memberikan pelayanan pengepakan dan penyimpanan barang. Layanan ini bergunan bagi Anda yang punya banyak koleksi barang berharga.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.