Sukses

KEIN Harap Pendapatan per Kapita Warga RI Naik Jadi US$ 30 Ribu

Saat ini pendapatan per kapita masyarakat Indonesia ‎rata-rata hanya sebesar US$ 3.000 per tahun.

Liputan6.com, Jakarta Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menargetkan dalam 30 tahun ke depan pendapatan masyarakat Indonesia mencapai US$ 30 ribu per kapita per tahun. Hal ini akan sejalan dengan peta jalan (roadmap) industrialisasi 2045 yang tengah disusun komite tersebut.

Anggota KEIN Benny Pasaribu menuturkan, saat ini pendapatan per kapita masyarakat Indonesia ‎rata-rata hanya sebesar US$ 3.000 per tahun.

Namun seiring dengan keinginan pemerintah untuk mendorong pertumbuhan industri di dalam negeri, diharapkan pendapatan per perkapita tersebut tumbuh 10 kali lipat pada 2045.

"Sekarang income ki‎ta baru US$ 3.000 per kapita per tahun. Ini diharapkan bisa jadi US$ 30 ribu per kapita per tahun," ujar dia dalam Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Roadmap Industrialisasi 2045 di Hotel Bidakara, Jakarta (6/10/2019).

Benny mengungkapkan, pertumbuhan pendapatan sebesar itu bukan hal mustahil dicapai masyarakat Indonesia.

Indonesia bisa belajar dari Tiongkok dalam mendorong pertumbuhan pendapatan masyarakatnya dengan membangun industri yang kuat.

‎"Tiongkok mampu bangun dan berkembang tidak lebih dari 30 tahun. Mereka sekarang sudah temukan taste-nya sehingga ekonominya bisa tumbuh double digit. Kita harusnya tidak kalah dengan Tiongkok," tutur dia.

Benny berharap, roadmap yang tengah disusun oleh KEIN dapat menjadi acuan bagi pengembangan industrialisasi nasional hingga 2045.

Dengan demikian, target pertumbuhan pendapatan per kapita masyarakat ‎Indonesia tersebut bisa tercapai.

"Itu yang disebut dengan roadmap, jadi kita tahu kita mau ke mana. Kita harus rencanakan itu baik kualitatif dan kuantitatif sampai 30 tahun. Kita bangun peta jalan untuk mencapai cita-cita Indonesia 30 tahun mendatang‎," tandas dia.(Dny/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini