Ini Tips bagi Pekerja Lepas Pemula

Oleh Dhita Koesno pada 05 Okt 2016, 08:20 WIB
Diperbarui 05 Okt 2016, 08:20 WIB
Berikut sejumlah tips perlu dan tidak perlu Anda lakukan untuk menjadi pekerja lepas pemula.
Perbesar
Berikut sejumlah tips perlu dan tidak perlu Anda lakukan untuk menjadi pekerja lepas pemula.

Liputan6.com, Jakarta - Saat ini menjadi seorang freelance yang profesional memang butuh keahlian, apalagi jika Anda merupakan pemula, pasti selalu ada perasaan canggung. Akan tetapi Anda bisa mengatasi hal itu jika Anda dapat memanfaatkan sosial media (sosmed) dengan baik.

Lightpost, sumber baru dari jaringan USA Today, memberikan panduan khusus gratis kepada mereka yang ingin mencari pekerjaan dengan mengubah prospek menjadi freelance atau menjadi pebisnis pemula.

Dilansir dari laman usatoday.com, berikut beberapa tips yang perlu dan tidak perlu Anda lakukan dari pengguna sosmed bagi para pemula:

Pastikan agar kamu baca panduan gratis ini secara tuntas ya.

Lakukan: Rutinlah lakukan posting di sosial media.

Jangan lakukan: Memosting lebih dari 3 kali dalam sehari. Ahli pemasaran sosmed berpendapat, tiga adalah jumlah yang maksimum, karena kamu bisa memberi 3 informasi yang berbeda dalam sehari kepada para follower dan pastikan konten tersebut menarik dibaca oleh para pengikut sosmed kamu.

Sebelum itu, pastikan juga bertanya pada diri sendiri apakah kamu juga akan tertarik  membaca postingan tersebut.

2 dari 3 halaman

Bagikan pengalaman kerja yang membanggakan

Lakukan: Bagikan pengalaman kerja Anda yang memang bisa dibanggakan, sehingga terkesan memang profesional. Biarkan para pengikut Anda tahu kalau Anda sedang mencari pekerjaan freelance.

Jangan lakukan: Membuang semua newsfeed kamu yang berhubungan dengan pekerjaan. Seperti beberapa aturan tentang bagaimana cara mempromosikan diri melalui jaringan yang Anda miliki, pos-pos apa saja yang dapat membantu, menginformasikan atau membangun merek Anda dengan cara lain.

Sebaiknya bagikan artikel atau postingan blog relevan yang telah Anda tulis, kemudian minta pendapat dari para pengikut di sosmed kamu.

Lakukan: Beri komentar seperti seorang ahli ketika Anda dapat menimbang keahlian Anda, karena hal ini dapat membangun merek dan membantu memperkenalkan diri Anda pada platform yang sesuai. Tempat yang cocok seperti di laman Quora, yakni tempat para pengguna internet meminta masukan dari para ahli yang sesuai dengan bidangnya.

Jangan lakukan: Berkomentar spam di website dan jaringan kontak. Ambil pendekatan secara empati, jika Anda ingin memberikan komentar sesuai dengan keahlian Anda, pilihlah tempat yang cocok, sehingga Anda dengan jaringan di luar sebelum memberi komentar kembali.

3 dari 3 halaman

Pendalaman


Lakukan: Pendalaman. Jadilah profesional di sosmed melalui sentuhan manusiawi. contohnya Jika kamu mempunyai anak,  jangan ragu untuk memposting sesekali mengenai anak atau keluarga. Segala sesuatu atau latar belakang pribadi kadang bisa menjadi hal yang menarik buat pengikut kamu di sosmed.

Jangan lakukan: Sharing yang berlebihan. Orang asing yang melihat halaman sosmed kamu, pasti ingin tahu kamu secara profesional dan bagaimana kepribadian kamu. Selain itu mereka tidak peduli. Jangan memposting kehidupan pribadi secara berlebihan seperti foto saat sarapan dan terlalu banyak foto selfie.

Lakukan: Bersikap baik dan menyenangkan. Mudah untuk melupakan komentar-komentar miring di sosmed mengenai kamu, tidak hanya mencerminkan kamu sebagai pribadi yang baik, tapi juga sebagai seorang profesional.

Jangan lakukan: Menjadi orang yang kasar. Pasti Anda tahu maksudnya setelah membaca semua ulasan di atas. (Ditha/Ahm)

 

Lanjutkan Membaca ↓