Sukses

5 Langkah Mudah Cari Uang Tambahan di Luar Gaji

Bisa mendapatkan uang tambahan di luar gaji untuk bekal hidup di masa depan bukan hal yang mudah.

Liputan6.com, New York - Mendapatkan uang tambahan di luar gaji untuk bekal hidup di masa depan bukan hal yang mudah. Apalagi bagi Anda pekerja kantoran alias datang pukul 09.00 pagi dan pulang pukul 17.00 sore. Jika ingin mendapatkan pekerjaan tambahan sepulang kerja, kadang kala energi telah habis terkuras. 

Bahkan meskipun kita tidak bekerja di akhir pekan, energi kadang telah habis terkurang di hari kerja. Saat akhir pekan, sebagian besar pekerja lebih memilih untuk beristirahat atau mengembalikan energi sebagai persiapan untuk kembali berjuang di Senin nanti. 

Namun sayangnya, memiliki uang simpanan merupakan kewajiban. Oleh sebab itu kita harus berjuang keras agar bisa menambah pundi-pundi uang di luar gaji agar masa depan bisa terjamin. 

Seperti dikutip dari lifehack.org, Selasa (4/10/2016), berikut ini ada jalan alternatif dan menyenangkan yang bisa jadi pilihan untuk menambah sedikit demi sedikit tabungan Anda tanpa harus mencari pekerjaan tambahan.

1. Mengumpulkan barang-barang koleksi

Hal yang menyenangkan sekaligus mampu menghasilkan uang adalah mengumpulkan barang-barang memorabilia. Dengan langkah tersebut, Anda bisa menjalankan hobi sekaligus menambah pundi-pundi uang Anda. 

Dengan mengumpulkan barang koleksi atau memorabilia, secara jangka panjang akan menghasilkan uang karena barang yang Anda koleksi akan bertambah mahal seiring dengan berjalannya waktu.

2. Biarkan aplikasi yang bekerja

Semua orang paham jika berinvestasi di saham merupakan salah satu cara uang jitu untuk menambah pundi-pundi uang. Namun sebenarnya Anda tidak perlu menjadi seperti "Wolf of Wall Street" untuk berinvestasi di bursa.

Karena dunia susah cukup modern, Anda hanya perlu memilih aplikasi yang bisa bekerja untuk Anda. Anda tinggal menggunakan aplikasi tersebut uang akan mengelola semua rekening investasi Anda.

Anda cukup belajar sedikit mengenai seluk beluk pasar modal dan mengerti risiko yang harus dihadapi. Biarkan aplikasi yang menjalankan semua tugas-tugas Anda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pinjamkan uang

3. Pinjamkan uang

Anda bisa bergabung ke dalam bisnis pinjam meminjam uang. Dengan meminjamkan uang maka Anda berkesempatan untuk menjadi sebuah bank.

Sangat menyenangkan jika Anda bisa melihat bisnis yang Anda beri dana berkembang dengan pesat. Namun ingat, bisnis ini juga memiliki risiko.

4. Memulai bisnis Start Up

Anda bisa lihat seperti apa media sosial seperti Instagram, Uber dan Snapchat lima atau 10 tahun lalu. Bisnis tersebut belum terlihat sama sekali. Namun seiring berkembangnya teknologi dan kebiasaan masyarakat, media sosial tersebut mampu berkembang dengan pesat bahkan bisa menjadi industri yang meraup jutaan rupiah bahkan miliaran hingga triliunan.

Saat ini yang diperlukan adalah mencari bisnis yang bisa disukai oleh banyak orang dalam beberapa tahun ke depan. Ide yang diperlukan sebenarnya tidak perlu tinggi-tinggi. Ide sederhana dengan konsep menarik biasanya banyak disukai.

5. Mulai dari diri sendiri

Banyak bisikan-bisikan dari luar yang mendorong Anda untuk berusaha. Namun yang terpenting adalah bukan dari luar namun dari dalam. Anda harus memiliki semangat untuk mengumpulkan uang. Oleh karena itu, mulailah dari diri sendiri. (Dimas/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini