Sukses

6 Profesi Ini Bakal Lenyap dalam 10 Tahun Mendatang

Data dari Bureau of Labor Statistics memperlihatkan perkembangan profesi dari masa ke masa, beberapa profesi memperlihatkan penurunan.

Liputan6.com, Jakarta Perkembangan teknologi yang semakin pesat membuat banyak perubahan khususnya di dunia tenaga kerja. Profesi yang dahulu banyak menyerap tenaga kerja pun pada akhirnya hilang akibat posisinya yang tergantikan kehadiran teknologi.

Data yang dikeluarkan oleh Bureau of Labor Statistics Amerika Serikat (AS) memperlihatkan perkembangan profesi dari masa ke masa.

Beberapa jenis profesi bisa menarik tenaga kerja dalam jumlah besar. Namun, ada juga beberapa profesi yang justru mengalami penurunan yang signifikan.

Diperkirakan, profesi jenis ini pun akan hilang dalam kurun waktu sepuluh tahun yang akan datang. Berikut beberapa profesinya, melansir dari laman cheetsheet.com, Senin (19/9/2016):

1. Sopir

Banyak orang yang masih memerlukan jasa dari seorang sopir untuk mengantarnya bepergian. Namun dengan kemunculan teknologi yang pesat, profesi ini diperkirakan akan hilang di masa yang akan datang.

Saat ini berbagai perusahaan teknologi dunia banyak yang sedang mengembangkan teknologi self driving car atau mobil yang dapat bepergian secara otomatis.

2. Petani

Tidak semua profesi petani memang akan hilang di masa yang akan datang. Akan tetapi data dari Bureau of Labor Statistics mengungkap bahwa jumlah orang yang bekerja sebagai petani semakin menurun.

Teknologi membuat pekerjaan bercocok tanam semakin mudah. Generasi muda pun lebih memilih untuk berprofesi di bidang lain daripada menjadi seorang petani.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pekerja kantor pos

3. Pekerja kantor pos

Jumlah pekerja di kantor pos juga semakin menurun. Banyak alasan yang menyebabkan hal ini bisa terjadi. Kini, orang lebih memilih untuk berkirim pesan lewat aplikasi ponsel atau melalui surat elektronik.

Bureau of Labor Statistics AS mengatakan bahwa pekerja kantor pos merupakan satu profesi yang diperkirakan akan hilang paling cepat.

4. Pembuat perhiasan

Berbeda dari beberapa profesi di atas, profesi sebagai pembuat perhiasan diperkirakan akan hilang karena menurunnya industri perhiasan dunia.

Beberapa perusahaan perhiasan juga telah memindahkan pabriknya ke negara lebih kecil untuk menekan biaya produksi. Jumlah pembuat perhiasan juga diperkirakan akan menurun 11 persen selama delapan tahun yang akan datang.

3 dari 3 halaman

Nelayan

5. Nelayan

Efek pemanasan global (global warming) diperkirakan menjadi penyebab menurunnya orang yang bekerja dalam bidang ini. Pemanasan global dapat mengakibatkan ekosistem laut yang memburuk sehingga jumlah ikan pun akan berkurang. Alhasil, nelayan pun merasa semakin sulit dalam mencari ikan.

6. Penerbit buku

Informasi kini bisa didapat dengan sangat mudah. Banyak orang yang lebih memilih untuk mendapatkan informasi dari internet karena dianggap lebih cepat dan mudah.

Buku-buku yang dahulu merupakan sumber informasi pun kini sudah mulai ditinggalkan. Hal ini memberikan efek negatif pada pekerja yang bekerja di bidang ini. (vna/nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini