Sukses

Dukung Potensi Kelautan, Sorong Bakal Punya Pabrik Es Skala Besar

Pemerintah akan membangun enam sarana perikanan di 86 kabupaten dan kota yang terbesar di 25 provinsi.

Liputan6.com, Jakarta Program pemerintah untuk mendorong potensi kelautan Indonesia dengan membangun berbagai jenis sarana dan prasarana mulai terwujud. Targetnya, pemerintah akan membangun enam sarana dan prasarana perikanan di 86 kabupaten dan kota yang terbesar di 25 provinsi.

Deputi II Bidang Koordinasi Sumber Daya Alam dan Jasa Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman Agung Kuswandono menjelaskan, sarana dan prasarana yang bakal dibangun adalah unit Single Cold Storage (SCS) dan unit Ice Flake Machine (IFM) skala besar.

Ia melanjutkan, Sorong Selatan, Papua Barat, menjadi salah satu daerah yang bakal dibangun sarana dan prasarana tersebut. Di daerah tersebut rencananya juga akan dibangun ice flake. 

Menurut Agung, pabrik es tersebut sebelumnya sudah pernah dibangun. Hanya saja pabrik es tersebut terbakar. Ia menargetkan pada Desember tahun ini pabrik es sudah bisa beroperasi. "Saat ini pabrik tersebut sudah ditenderkan dengan anggaran sebesar Rp 2,8 miliar," kata dia seperti dikutip dari laman Maritim.go.id, Rabu (14/9/2016).

“Kami akan berkoordinasi dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan agar mengupayakan pabrik es secepatnya dibangun kembali, sehingga kebutuhan nelayan setempat terpenuhi,” ucapnya. 

Selain itu, Agung menambahkan, tujuan pembangunan pabrik es ini agar nelayan Sorong Selatan dapat menyimpan ikan hasil tangkap mereka lebih lama lagi.

“Pabrik tersebut akan dilengkapi dengan satu unit ice flake machine atau mesin es skala besar guna melayani sekitar 2.000 nelayan Sorsel,” tuturnya. (Gdn/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.