Sukses

Menteri Susi Dorong Edukasi Maritim dan Seni kepada Anak

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menuturkan, seni dan estetika perlu dikenalkan untuk mengawal pembangunan bangsa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (MKP) Susi Pudjiastuti  membuka pameran seni bertajuk 'Seni Rupa dan Imaji Bahari Neutika Rasa' di Galeri Nasional Indonesia Jalan Merdeka Timur Jakarta, pada Selasa (13/9/2016). Pameran ini berisi lukisan-lukisan bernuansa maritim dan digelar pada 13-25 September 2016.

Dalam sambutannya, Susi menekankan pentingnya edukasi kepada anak-anak mengenai wawasan maritim. Lantaran selama ini edukasi maritim kepada anak-anak masih minim. Sebagai contoh, Susi mengatakan anak-anak lebih suka menggambar gunung dan sawah ketimbang laut.

"Saya yakin kalau kita kasih pensil kertas sama anak-anak yang digambar sampai hari ini pasti gunung, gubuk. Rumahnya juga gubuk dan sawah, pagar, matahari di balik gunung. Tidak ada gambar laut. Jarang sekali," kata dia saat membuka pameran di Jakarta.

Susi mengatakan edukasi terkait masalah maritim perlu dilakukan. Apalagi, sebagian besar wilayah Indonesia adalah laut.

"Presiden menetapkan laut sebagai masa depan dunia. Itu benar. Memang seharusnya sebagai bangsa bahari," ungkap dia.

Dia mengatakan, bukan hanya edukasi mengenai masalah maritim. Dia menegaskan pentingnya edukasi mengenai masalah seni. Menurut Susi, seni merupakan alat yang baik untuk mendorong pembangunan bangsa.

"Untuk edukasi kita punya tanggung jawab. Bangsa kita harus keluar dari rutinitas harus dikenalkan dengan seni dan estetika. Karena seni dan estetika mengawal pembangunan bangsa," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.