Miliarder Ini Sumbang Internet Gratis untuk 1 Miliar Orang

Oleh Vina A Muliana pada 07 Sep 2016, 20:01 WIB
Diperbarui 07 Sep 2016, 20:01 WIB
Miliarder India Ini Berikan Internet Gratis untuk 1 Miliar Orang
Perbesar
Mukesh Ambani

Liputan6.com, Jakarta Miliarder asal India Mukesh Ambani menggelontorkan dana US$ 20 miliar atau setara dengan Rp 263 triliun (kurs 1 US$ = Rp 13.157) untuk memberikan internet kepada ratusan juta orang.

Warga India tengah merayakan kehadiran provider Reliance Jio milik Ambani yang akan memberikan koneksi internet cepat dengan harga yang sangat murah.

Melansir laman CNN Money, provider tersebut akan menggunakan teknologi 4G dan mampu menjangkau 80 persen wilayah India. Koneksi internet yang cepat ini diberikan gratis bagi penggunanya hingga akhir 2016. Setelah itu, biaya internet hanya seharga US$ 2,25 atau Rp 29.605 per bulan.

Mukesh Ambani menyadari banyak warga negara India yang termasuk dalam kaum marginal. Hal inilah yang mendasari Ambani untuk meluncurkan program tersebut.

Data mengungkapkan, hanya satu dari lima orang dewasa di India yang mampu mendapat akses internet. Selain itu, jarang terlihat infratsurktur yang mendukung kehadiran internet terutama di daerah terpencil. Apabila program Ambani ini berhasil, maka ia akan mampu membuat ratusan juta warga India mendapat akses internet.

Tawaran Reliance Jio mendapat sambutan besar dari pasar, banyak yang berhatap paket data yang diluncurkan dapat menggerakkan lebih banyak orang untuk mengakses internet.

Hingga saat ini Ambani telah menginvestasikan 100 ribu menara komunikasi di berbagai wilayah India. Ia menaksir Reliance Jio telah mampu menjangkau 18 ribu kota dan 200 ribu desa. Targetnya 90 persen dari populasi akan mampu dijangkau pada Maret 2017. (Vna/Ndw)