Sukses

3 Ciri Pengusaha Sukses ala Mark Zuckerberg

Mark Zuckerberg melihat banyak pengusaha yang ingin menjalankan bisnis dulu sebelum mengetahui dengan pasti apa yang ingin mereka buat.

Liputan6.com, New Jersey - Pada sebuah sesi tanya-jawab di Roma pada awal pekan lalu, pendiri Facebook, Mark Zuckerberg mendapat pertanyaan soal ciri dan kualitas pengusaha sukses.

Dia pun menjawab hal ini. Menurut dia, ciri pengusaha sukses ertama, mereka mempunyai visi yang spesifik. "Kalau ingin membuat sesuatu yang besar, Anda harus fokus bagaimana hal itu bisa memberi dampak kepada dunia," kata Zuckerberg, seperti ditulis CNBC, Rabu (7/9/2016).

Ia melihat banyak pengusaha yang ingin menjalankan bisnis dulu sebelum mengetahui dengan pasti apa yang ingin mereka buat. "Bagi saya, itu langkah mundur," ujar dia.

Yang kedua, pengusaha yang benar harus dikelilingi orang-orang sukses dan termotivasi. Tidak ada yang bisa mengerjakan bisnis sendiri, menurut Zuckerberg.

"Kalau Anda melihat apa yang dibuat dengan besar di dunia ini, tidak ada yang dikerjakan sendirian. Jadi, Anda perlu membuat sebuah tim," tutur dia.

Untuk membuat tim yang kuat, carilah orang yang berhasil di area yang tidak bisa Anda kerjakan. Sebesar apa pun talenta Anda, pasti ada kelemahannya.

Dan terakhir, seorang pengusaha sukses harus gigih dalam bekerja. "Banyak orang yang berbicara soal kesuksesan dalam semalam, dan kenyataannya tidak bisa seperti itu," dia menegaskan.

Orang yang berhasil mencapai puncak adalah ia yang menolak untuk gagal meskipun banyak rintangan dan turbulensi menghadang. (Sorta/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.