Sukses

Kerja Sama 2 Perusahaan Ini Permudah Akses Masyarakat ke Asuransi

‎Perkembangan industri layanan jasa keuangan berbasis teknologi mengubah cara masyarakat untuk mendapatkan produk finansial.

Liputan6.com, Jakarta - ‎Perkembangan industri layanan jasa keuangan berbasis teknologi (fintech) di Indonesia mengubah cara masyarakat untuk mendapatkan produk-produk finansial, baik produk perbankan maupun produk asuransi.

Melihat potensi tersebut, salah satu e-Commerce finansial di Indonesia, PT Puncak Finansial Utama (PFU) melalui CekAja.com menjalin kerja sama dengan PT Mitra Ibisnis Terapan (MIT) melalui Premio‎ guna menjawab kebutuhan masyarakat.

MIT merupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang digital insurance yang sudah mengantongi lisensi broker dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Presiden Direktur Puncak Finansial Utama Denny Dilham mengatakan, ‎kerja sama ini bertujuan memperluas jangkauan agen dan cabang asuransi konvensional melalui saluran digital.

Selain itu juga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat untuk lebih cepat, hemat biaya, dan efektif dalam melakukan pembelian dan pembayaran, administrasi polis, klaim, dan renewal sales‎.

"Baik PFU dan MIT memiliki misi yang sama, yaitu memperluas layanan akses digital dalam hal produk finansial. Saat ini 90 persen proses bisnis layanan asuransi dari MIT dilakukan secara digital, dan PFU melalui CekAja.com telah terbukti menjadi eCommerce finansial terdepan. Akhirnya, kerja sama ini dapat menjangkau layanan masyarakat untuk mendaftar produk asuransi secara full digital," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Senin (29/8/2016).

Sementara itu, Presiden Direktur MIT Aditya Budi, mengatakan berkembangnya industri fintech telah mengubah cara membeli asuransi. Bila beberapa tahun yang lalu berbelanja polis asuransi terasa rumit, sekarang semuanya bisa dilakukan langsung di depan layar komputer atau ponsel.

"Bahkan dapat dilakukan dalam hitungan menit hingga terbitnya polis. Melalui kerja sama antara PFU dan MIT, serta integrasi sistem back-end yang ada, merealisasikan kecepatan dalam pengajuan produk asuransi di Indonesia," kata dia.

Dalam teknisnya, PFU nantinya akan menjalankan aktivitas pemasaran digital produk-produk asuransi melalui CekAja.com. Sedangkan untuk proses transaksinya seperti administrasi polis, penjualan, pembayaran, klaim, dan renewal sales akan dilakukan oleh MIT sebagai pialang asuransi yang telah terdaftar di OJK.

“Setiap pengajuan aplikasi produk asuransi oleh pelanggan yang dilakukan di CekAja.com nantinya akan diteruskan secara otomatis ke Premiro untuk proses selanjutnya. Melalui integrasi sistem back-end, kerja sama ini memberikan ketenangan dan kenyamanan kepada pelanggan berupa pelayanan perbandingan produk asuransi, pembelian polis secara online dan pendampingan klaim hingga tuntas secara gratis," jelas dia.

Dari data survei OJK hingga saat ini masih lebih dari 50 persen penduduk Indonesia yang belum terjangkau literasi asuransi. Maka dari itu, platform digital untuk layanan finansial khususnya asuransi dapat meningkatkan dan mempermudah masyarakat dalam produk asuransi.

"Kami tidak menggantikan proses pemasaran dan penjualan konvensional yang sudah ada dalam industri asuransi saat ini. Bahkan kami memberikan perluasan jangkauan kepada masyarakat, baik dalam hal literasi tentang asuransi, serta perlindungan asuransi yang saat ini masih kecil persentasenya dimiliki penduduk Indonesia," tandas Direktur Marketing PFU Yosefine Suwandy. (Dny/Gdn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.