Sukses

Japfa Jual Peternakan di Australia

PT Jafpa Comfeed Indonesia Tbk memilih untuk melakukan pembiakan di dalam negeri untuk kebutuhan pasar di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JPFA) melalui anak usahanya Japfa Santori Australia Pty Ltd menjual peternakan Riveren dan inverway kepada Lavington Pty Ltd, anak usaha Hancock Prospecting Pty Ltd, perusahaan yang didirikan di Australia.

Mengutip dari keterbukaan informasi ke Bursa Efek Indonesia (BEI), Jumat (26/8/2016), peternakan Riveren dan inverway adalah bagian dari program pembiakan sapi potong Perseroan yang melakukan pasokan terhadap usaha penggemukan sapi potong Perseroan di Indonesia.

Sekretaris Perusahaan PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk Maya Prajono menuturkan, perseroan memilih untuk melakukan pembiakan di dalam negeri untuk kebutuhan pasar di Indonesia.

Adapun transaksi itu menjadi kesempatan untuk mendapatkan keuntungan investasi sebagai akibat pulihnya usaha peternakan di Australia. Namun perseroan belum menyebutkan nilai penjualan tersebut.

"Transaksi ini diperkirakan tidak memiliki dampak material terhadap Perseroan mengingat sejauh ini Perseroan (lewat anak usaha yang dimiliki sepenuhnya PT Santosa Agrindo) hanya melakukan impor sapi dari peternakan Riveren dan Inverway dalam jumlah kurang dari 10 persen dari seluruh sapi yang diimpornya," kata Maya.

Perseroan membeli dua peternakan sapi di Australia tersebut pada 2013. Luas lahan peternakan yang terletak di Victoria River Down mencapai 555 ribu hektar. Kapasitas peternakan dapat memelihara 45 ribu ekor sapi. 

Manajemen juga menyebutkan kalau transaksi itu bukan merupakan transaksi afiliasi dan tidak memiliki unsur benturan kepentingan, dan tidak material. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini