Sukses

6 Tips Sukses Buka Usaha Kecil

Menjalani usaha skala kecil juga diperlukan pengaturan yang baik terutama dari sisi peredaran barang dan uang yang terjadi.

Liputan6.com, Jakarta - Usaha kecil sepertinya mulai banyak diminati saat ini, terutama oleh kalangan menengah untuk dapat memperkenalkan hasil karyanya, baik berupa kerajinan, makanan olahan, atau sesuatu yang menarik yang memiliki nilai jual.

Usaha kecil juga perlahan mendapatkan tempat yang cukup berpeluang di media online. Hal tersebut didukung oleh munculnya beberapa marketplace yang bekerja sama dengan beberapa usaha kecil ini.

Memiliki usaha dalam skala kecil juga dianggap belum terlalu rumit, seperti halnya usaha dalam skala besar. Namun, walaupun begitu, usaha kecil adalah cara belajar para wiraswasta untuk menjadi pengelola usaha yang besar nantinya.

Dalam usaha skala kecil juga diperlukan pengaturan yang baik, terutama dari sisi peredaran barang dan uang yang terjadi, supaya bisa diketahui apakah usaha tersebut bisa berkembang atau tidak. Di bawah ini ada beberapa tips sukses bagi Anda yang sedang ingin membuka usaha kecil seperti dikutip dari www.cermati.com, Minggu (28/8/2016):

1. Memilah Peluang dan Memilih Usaha Yang Dijalankan

Usaha kecil biasanya memang identik dengan usaha UKM atau wiraswasta skala kecil. Saat ini jumlah UKM di Indonesia tentunya sudah cukup banyak.

Dalam hal ini, untuk bersaing secara sehat, Anda perlu memilah peluang yang sekiranya dapat menguntungkan usaha Anda. Setelah itu anda pilih usaha kecil apa yang akan dijalankan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fokus

2. Fokus, Ulet dan tetap Pantang Menyerah

Memiliki usaha kecil , walaupun masih skala kecil, tetap saja untuk menjalankannya memerlukan tekad seorang pengusaha yang baik.  Dalam menjalankan usaha kecil, Anda perlu fokus. Fokus untuk tetap menjadikan usaha kecil tersebut  sebagai salah satu usaha yang memiliki prospek yang baik ke depanya.

Lalu Anda juga perlu tetap ulet. Ulet dalam menjalankan usaha kecil tersebut hingga akhirnya bisa berkembang menjadi besar nantinya. Anda juga perlu memiliki sifat pantang menyerah, sehingga saat mengalami kerugian, tetap akan termotivasi untuk melanjutkannya.

3. Lakukan Promosi dan Tetapkan Lokasi

Usaha kecil yang akan segera dimulai tentunya harus diperkenalkan kepada calon konsumennya. Anda bisa melakukan promosi untuk usaha kecil tersebut lewat media cetak, spanduk ataupun sosial media.

Mungkin sosial media adalah cara yang paling mudah untuk menjaring konsumen. Setelah itu, tetapkan juga lokasi dari usaha kecil tersebut. walaupun masih skala kecil dan terkadang bisa dilakukan di rumah, namun ke depannya untuk lebih berkembang anda perlu menetapkan lokasi tetap dari usaha kecil tersebut. Dengan begitu, konsumen akan mengetahui dengan mudah tempat usaha Anda.

4. Memberikan Pelayanan Yang Maksimal pada Konsumen

Berikan pelayanan terbaik untuk konsumen. Konsumen adalah beberapa orang yang akan menyukai produk Anda berulang kali, jika mereka mendapatkan perlakuan yang istimewa dari anda sebagai pemilik usahanya.

Selalu siap untuk mendengarkan kritik dan saran dari mereka, supaya usaha kecil tersebut bisa terus melakukan perbaikan. Adakan harga khusus atau diskon di bulan-bulan tertentu.

3 dari 3 halaman

Kelola Keuangan dengan Baik

5. Penguasaan dan Pengembangan Skill

Pengelola usaha kecil juga perlu keahlian untuk menguasai usaha yang sedang dijalankan dan juga mengembangkan skill nya dalam mengelola usaha.

Pemilik harus paham mengenai seluk beluk usaha kecil tersebut. dan untuk pengembangan skill nya, ada banyak seminar mengenai usaha kecil saat ini, yang diselenggarakan di beberapa lembaga di dekat tempat tinggal anda dengan tanpa dipungut biaya. Ilmu mengenai usaha, akan didapat disana.

6. Mengelola Keuangan dengan baik

Ini juga hal yang penting dalam mengelola usaha, yaitu selalu melakukan pencatatan sederhana, setiap ada pengeluaran barang yang masuk, atau juga barang yang sudah terjual. Pos-kan uang tersebut, agar nantinya sedikit demi sedikit bisa membantu usaha Anda yang sedang berjalan ini.

Jangan Lupa Lakukan Promosi Untuk Usaha Kecil Anda

Usaha kecil juga harus dipromosikan, sama halnya dengan usaha lainya. Promosi usaha kecil dapat dilakukan lewat beberapa media. Salah satunya media sosial.

Selain itu, Perkenalkan produk atau jasa milik usaha kecil Anda, ke beberapa orang penting di wilayah anda, seperti RT, RW lalu jika mendapatkan informasi dan izin untuk membuka usaha kecil, ini akan sangat baik untuk pengelolaan lebih banyak nantinya. (Ahm/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini