Sukses

Peringati HUT RI ke-71, PNM Dorong Program Pemberdayaan Ibu-ibu

Di HUT RI ke-71 ini, PNM siap untuk terus memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta - PT Permodalan Nasional Madani (Persero) atau PNM mengembangkan sayapnya di lini bisnis pembiayaan. Di Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-71 ini, PNM siap untuk terus memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia.

Direktur Utama PT PNM (Persero), Parman Nataatmadja mengatakan, tema HUT RI “71 Indonesia Kerja Nyata”  selaras dengan kinerja perusahaan yang sejak bediri pada tahun 1999 hingga kini terus berjuang dan bekerja nyata untuk menciptakan masyarakat madani melalui pemberdayaan di sektor Usaha Mikro Kecil dan Menengah.

“Ke depannya kami akan terus melakukan hal ini hingga Nawacita Ekonomi Kerakyatan yang digelorakan oleh Presiden Joko Widodo terwujud dan terciptalah masyarakat Indonesia yang sejahtera dan madani,” ujar Parman dalam keterangannya, Rabu (17/8/2016).

Ia menambahkan, saat ini selain melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di Indonesia, PNM melalui unit bisnis terbarunya yaitu Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) memberikan pembiayaan kepada kelompok ibu-ibu produktif yang hidup di bawah garis kemiskinan tanpa adanya agunan. Program Mekaar PNM dirancang khusus untuk menjalankan program Nawacita Ekonomi Kerakyatan Presiden Joko Widodo.

“Program ini kami khususkan untuk ibu-ibu yang bermukim di desa dan juga di kota yang hidup di bawah garis kemiskinan. Dengan Mekaar PNM, para ibu ini akan diberikan pembiayaan 2 hingga 5 juta rupiah untuk membuka usaha tanpa adanya jaminan, dengan sistem tanggung renteng,” tambahnya.

Memperingati HUT RI ke-71 ini PNM bersama PT Pertamina menggelar upacara bersama di Terminal Bahan Bakar Minyak Manokwari, Papua Barat. Selain dihadiri oleh BUMN di Manokwari, kegiatan ini turut diikuti oleh masyarakat setempat dan para veteran perang kemerdekaan Republik Indonesia.

Pertamina dan PNM selaku koordinator dan wakil koordinator dalam kegiatan BUMN Hadir Untuk Negeri di provinsi Papua Barat telah menggelar berbagai macam kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI ke 71.

Pada Sabtu pekan lalu, bertempat di lapangan Borasi Pertamina & PNM menyelenggarakan pesta rakyat, lomba khas Agustusan, hingga penyerahan sejumlah bantuan kepada masyarakat Manokwari. Kemudian di Selasa (16/8/2017) kemarin, PNM dan Pertamina melakukan bakti sosial berupa bedah rumah veteran perang di kawasan Amban.

Seperti diketahui, Kementerian BUMN kembali menggelar program BUMN Hadir Untuk Negeri sebagai wujud komitmen Kementerian BUMN dan 118 BUMN untuk terus hadir di tengah masyarakat. Pada tahun ini rangkaian acara tersebut meliputi Upacara Peringatan HUT RI di 34 Provinsi, penyediaan sarana air bersih, pasar murah sembako, siswa mengenal nusantara, pembinaan mantan narapidana, hingga bedah rumah veteran. (Zul/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.