Sukses

4 Sektor Ini Bisa Bikin Indonesia Jadi Pemain Global

Indonesia memiliki potensi sumber daya alam dan manusia yang jika dikembangkan akan membuat Indonesia unggul di kancah global.

Liputan6.com, Bogor - Ketua Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Soetrisno Bachir mengatakan, Indonesia mesti memiliki strategi industri supaya bisa bersaing di tingkat global.

Soetrisno Bachir mengatakan, Indonesia punya potensi sumber daya alam dan manusia yang jika dikembangkan akan membuat Indonesia unggul. Dari situ, dia mengatakan terdapat empat sektor potensial yakni agrobisnis, maritim, industri kreatif, dan pariwisata.

"Kita itu dengan 4 sektor bisa menjadi pemain dunia. Jangan ikut-ikutan, jangan saingan Airbus, Boeing, Toyota tidak mungkin, tidak perlu," kata dia dalam Workshop Media di Bogor, Sabtu (13/8/2016).

Dia menuturkan, sektor tersebut merupakan kekuatan Indonesia. Indonesia memiliki kekayaan alam. Di sisi lain, Indonesia memiliki jumlah penduduk yang besar. Sebagian besar angkatan kerjanya merupakan lulusan SD dan SMP. "Jangan bikin industri yang tenaga kerja tapi dinikmati segelintir orang," kata dia.

Untuk agrobisnis, dia menuturkan Indonesia memiliki tanah yang subur. Begitu pula dengan sektor maritim di mana Indonesia memiliki kekayaan laut. "Kemudian maritim biota lautnya, ikannya, minyaknya. Kemudian transportasi," kata dia.

Dari industri kreatif, Indonesia merupakan negara yang multikultur. Artinya, Indonesia memiliki hasil kebudayaan berupa kerajinan.

Tak sekadar itu, pariwisata Indonesia juga berpotensi menjadi pemain global karena memiliki tempat-tempat yang indah. Dia menambahkan, jika sektor itu dikembangkan maka sektor lain akan turut berkembang.

"Kalau ini kekuatan global kita yang lain ikut. Tekstil ikut. Industri lainnya misalnya perumahan, properti ikut," tutur dia. (Amd/Ahm)

 


    

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.