Sukses

Faktor Ini Bikin Industri Nasional Tak Berkembang

Pemerintah mesti menentukan strategi industri untuk mendukung industri nasional.

Liputan6.com, Bogor - Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) menilai, ‎tidak berkembangnya industri nasional karena Indonesia sebelumnya tidak memiliki strategi industri.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir menerangkan, dalam 10 tahun terakhir Indonesia terlena dengan harga komoditas. ‎Harga komoditas tinggi maka berbondong-bondong industri bergerak di komoditas.

"Kenapa kita gagal. Karena terlena kekayaan alam kita. Di mana, 10 tahun terakhir ekonomi dunia pertumbuhan bagus, komoditas kita harganya tinggi. Sehingga kita terlena mengekspor produk Indonesia," kata dia Workshop Media, di Bogor, Sabtu (13/8/2016).

Padahal, harga komoditas tidak seterusnya tinggi. Saat harga komoditas tinggi maka banyak industri yang berguguran. "‎Itu kesalahan sejarah kita. Karena kita tidak punya strategi industri. Ini yang kita tekankan," ujar dia.

‎Oleh karena itu, dia mengatakan untuk mendorong industri nasional, pemerintah mesti menentukan strategi industri. Artinya, lanjut dia, mesti fokus pada sektor tertentu untuk mendorong perekonomian. "Kalau terus seperti itu, tak punya strategi nasional maka akan jadi bangsa yang kalah," tutur dia. (Amd/Ahm)

 

 

***

EVENT SPESIAL PESTA BEAT LIVE STREAMING 8 KOTA

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.