Sukses

Perusahaan Oman Tertarik Bangun Kilang di Indonesia

Pemerintah Indonesia memberikan pilihan untuk pembangunan kilang di Sumatera Utara dan Aceh.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno menerima kunjungan dari Menteri Energi Oman pada Jumat pagi ini. Dalam pertemuan keduanya membahas mengenai potensi kerja sama yang bisa dilakukan ke dua negara.

Rini menuturkan, satu hal yang mengerucut dari pertemuan tersebut adalah pernyataan minatnya perusahaan Oman, Overseas Oil and Gas LLC dalam membangun kilang minyak di Indonesia.

"Mereka tertarik juga di refinery sama Pak Dwi (Dirut Pertamina). Jadi kita sedang melihat di mana mereka yang paling cepat bisa membangun‎," kata Rini di kantornya, Jumat (12/8/2016).

Rini menceritakan, dari sekian kilang yang akan dibangun Pertamina, Oman tertarik dengan pembangunan kilang minyak di Bontang‎. Sayangnya, Bontang saat ini masih dalam status Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Namun demikian, Rini dan Pertamina memberikan opsi untuk pembangunan kilang di Sumatera Utara dan Daerah Istimewa Aceh.

‎"Ini kita memang ada tambahan untuk pembangunan refinery. Kita sedang mencoba mendetailkan mana yang paling cepat kita finalkan," tegas Rini.

Sementara di kesempatan terpisah, Direktur Utama Pertamina Dwi Soetjipto mengaku sumringah. Dengan masuknya mitra-mitra dari luar negeri ini diharapkan pembangunan kilang bisa lebih cepat.

‎"Jadi Oman itu punya interest untuk berinvestasi di kilang. Tentu saja kita dukung kalau ada investor yang akan berinvestasi di kilang," tambah Dwi. (Yas/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini