Sukses

Harga Cabai Rawit Betah di Rp 60 Ribu per Kg

Pedagang mengaku tak mengetahui secara pasti penyebab kenaikan harga cabai rawit merah.

Liputan6.com, Jakarta - Harga cabai rawit merah masih tinggi di pekan kedua Agustus 2016. Sampai saat ini harga cabai rawit merah bertahan di Rp 60 ribu per kilogram (kg).

Siti Fathonah (46), Pedagang di Pasar Kebayoran Lama Jakarta Selatan mengatakan, harga tersebut naik dari 2 minggu lalu.

"Cabai rawit merah naik. Sekarang Rp 60 ribu per kg sudah dua mingguan dari Rp 50 ribu per kg," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Jumat (12/8/2016).

Siti tak mengetahui sebab pasti kenaikan harga cabai rawit merah. Namun, setahu dia, di Pasar Induk Kramat Jati Jakarta harga cabai rawit merah telah mencapai Rp 55 ribu per kg.

Siti memasok cabai rawit merah dari pasar tersebut. "Nggak tahu sebabnya. Apa panennya kurang, apa transportasinya susah," ujar dia.

Kenaikan cabai rawit merah diikuti kenaikan cabai keriting merah. Cabai keriting saat ini dibanderol Rp 38 ribu per kg dari sebelumnya Rp 35 ribu per kg.

Sebaliknya, beberapa komoditas justru mengalami penurunan harga. Harga bawang merah dan bawang putih dipatok Rp 40 ribu per kg dari sebelumnya di kisaran Rp 45 ribu per kg. "Harganya sama (bawang merah dan bawang putih)," tutur dia.

Harga kentang yang sempat melambung saat Lebaran juga mengalami penurunan drastis. Harga kentang di pasaran saat ini Rp 12 ribu per kg dari sebelumnya sempat menyentuh Rp 18 ribu sampai Rp 20 ribu per kg.

Berikut pantauan harga sayur mayur di pasar tradisional Kebayoran Lama:

Cabai rawit merah Rp 60 ribu per kg
Cabai keriting merah Rp 38 ribu per kg
Bawang merah Rp 40 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Tomat Rp 8.000 per kg
Kentang Rp 12 ribu per kg
Daun bawang Rp 20 ribu per kg
Buncis Rp 15 ribu per kg
Timun Rp 7.000 per kg
Wortel Rp 12 ribu per kg
Kol Rp 10 ribu per kg
Sawi Rp 12 ribu per kg. (Amd/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini