Sukses

10 Film yang Wajib Ditonton Para Pengusaha

Pelaku perfilman di Hollywood sering mendramatisasi sosok pengusaha dalam karya-karyanya.

Liputan6.com, Jakarta - Pelaku perfilman di Hollywood sering mendramatisasi sosok pengusaha dalam karya-karyanya. Namun demikian, terkadang banyak hal yang bisa dipelajari dari hal-hal fiksi itu.

Tidak masalah Anda baru memulai bisnis atau sudah menjalankannya, 10 film yang menghibur dan menginspirasi ini bisa membuat Anda semakin mengerti dunia usaha.

Seperti ditulis Entrepreneur, Jumat (12/7/2016), berikut daftarnya:

1. Startup.com

Sebuah film dokumenter yang bercerita tentang perusahaan rintisan GovWorks yang berhasil meraih dana US$ 60 juta. Dengan menontonnya, Anda akan mengerti jatuh-bangun periode awal perusahaan di bidang internet dan dotcom dunia.

2. Catch Me if You Can

Inilah cerita soal penipu yang menawan dan sangat ahli berdasarkan kisah nyata. Anda akan diajarkan bagaimana menyelesaikan masalah, membuat suatu hal buruk menjadi baik.

3. Lord of War

Film komedi gelap dengan sentuhan laga ini bercerita tentang seorang imigran Ukrainan yang meraih sukses dengan berjualan senjata ilegal. Ada aspek moral, ambisi, dan keteguhan yang bisa dipelajari dari film yang dibintangi Nicolas Cage tersebut.

4. Wall Street

Anda butuh dorongan untuk meraih sukses. Cobalah menonton film klasik ini. Seorang pialang saham ambisius yang terbawa arus kerakusan serta gaya hidup di Wall Street, New York, Amerika Serikat.

5. Rogue Trader

Inilah kisah nyata seorang karyawan bank yang berhasil seorang diri membuat bangkrut Baring Bank, bank terbesar di Inggris. Film tersebut menunjukkan bagaimana uang dan kekuasaan membuat orang menjadi tidak berpikir logis.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Twelve Angry Men


6. Twelve Angry Men

Film ini bercerita tentang kejadian dalam suatu persidangan. Ada aspek kepemimpinan, psikologi perilaku, dan konflik di dalamnya. Anda akan berpikir ulang soal bagaimana membuat keputusan dengan menonton film tersebut.

7. Office Space

Cerita komedi satir dalam perusahaan perangkat lunak ini akan membuat Anda memahami soal hubungan kerja dan politik di kantor. Anda jadi belajar bagaimana sebaiknya memimpin, membuat tim, dan mengembangkan karier.

8. Trilogi The Godfather

Tidak bisa dipungkiri, film klasik soal mafia ini sangat baik dalam memberi pelajaran soal menjalin hubungan. Anda bisa belajar soal pengambil-alihan perusahaan, merger, akuisisi, dan diversifikasi perusahaan dari ketiga film seri itu.

9. The Usual Suspects

Kalau Anda senang dengan film thriller psikologi, maka The Usual Suspects jawabannya. Film ini mengeksplorasi masalah konsolidasi kepemimpinan, kekuasaan, pengaruh, dan strategi bisnis.

10. Enron: The Smartest Guys in the Room

Film dokumenter pada 2005 ini berdasarkan buku laris karangan Bethany McLean dan Peter Elkind. Ceritanya soal skandal bisnis terbesar dalam sejarah Amerika, yaitu Enron Corporation. Anda bisa belajar soal korupsi di dalam perusahaan era moderen dengan menontonnya. (Sorta/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini