Sukses

Menteri PPN: RI Sulit Andalkan Pertumbuhan dari Ekonomi Global

Perekonomian global sedang tidak menentu karena beberapa faktor, seperti anjloknya harga komoditas.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia sulit mengandalkan pertumbuhan perekonomian dari ekonomi global yang hingga kini masih belum membaik.

Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN) Bambang Brodjonegoro mengatakan, ‎perekonomian global sedang tidak menentu karena beberapa faktor. Faktor yang dimaksud mulai dari anjloknya harga komoditas.

"Harga komoditas sedang rendah, tidak hanya batu bara, sawit, tapi juga minyak bumi," kata dia dalam acara Investor Day di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (1/8/2016).

Dia menambahkan, rendahnya harga minyak dunia juga menjadi indikasi jika perekonomian global sedang melambat. Perekonomian global tertekan, sejak Bank Sentral Amerika Serikat (the Fed) berencana mengetatkan kebijakan moneternya.

Hal ini juga yang menekan rupiah serta menurunkan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). "Dari sisi moneter, investor sangat paham gejolak yang menerpa mulanya pertengahan 2013," ujar dia.

Hal lain yang mempengaruhi juga terkait kenaikan suku bunga acuan Bank Sentral AS. ‎"Di sini ada ekspektasi apakah mau menaikkan lagi, sebenarnya sudah ada wacana kenaikan 2 kali," tutur dia.

Terakhir, perekonomian Indonesia terpengaruh keluarnya Inggris dari Uni Eropa atau yang dikenal Brexit. Meski pengaruh dari Brexit ini tak terlalu besar bagi perekonomian Indonesia dibandingkan hal lain.

"Pertanyaannya, bagus cepat atau lambat. Buat Eropa akan lebih memberikan kepastian. Cuma kerumitan exit-nya mungkin real exit 2017, 2018," tandas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Pertumbuhan ekonomi adalah suatu keadaan di mana ekonomi mulai tumbuh dan mengalami perkembangan.

    Pertumbuhan Ekonomi

  • Bappenas adalah kementerian yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang perencanaan pembangunan nasional.

    Bappenas

  • Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro S.E., M.U.P., Ph.D atau dikenal sebagai Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro
    Prof. Bambang Permadi Soemantri Brodjonegoro S.E., M.U.P., Ph.D atau dikenal sebagai Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional

    Bambang Brodjonegoro

Video Terkini