Sukses

Raillink Bakal Tingkatkan Kecepatan Kereta Bandara Kualanamu

PT Raillink sedang menggarap proyek double track antara bandara Kualanamu ke stasiun Bandarkalipah.

Liputan6.com, Jakarta - Kereta api (KA) Bandara Internasional Kualanamu, Medan menjadi moda transportasi andalan warga Medan dan sekitarnya untuk menghubungkan bandara dengan kota Medan‎ itu sendiri.

Dengan tingkat keterisian (okupansi) yang setiap saat terus meningkat, PT Railink selaku pengelola dan operator akan meningkatkan kecepatan KA bandara itu sendiri dari yang saat ini sekitar 60-70 kilometer per jam (km/jam) menjadi 80-90 km/jam.

‎"Saat ini dilakukan peningkatan kualifikasi track sehingga kecepatan kereta Bandara bisa ditingkatkan dan waktu tempuh KA Bandara akan semakin pendek," kata Direktur Utama Railink Heru ‎Kuswanto saat berbincang dengan Liputan6.com, Senin (18/7/2016).

Selain peningkatan kualifikasi track, ‎pada saat ini juga sedang digarap proyek double track antara Bandara Kualanamu ke Stasiun Bandarkalipah.

Pembangunan ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas lintas dan menghilangkan persilangan dalam sistem operasi kereta api yang lazim terjadi pada petak jalan single track.

Dengan double track nantinya waktu tempuh dari Bandara Kualanamu ke kota Medan akan sama dengan waktu tempuh dari kota Medan ke Bandara Kualanamu. Tak ada lagi persilangan (satu ka berhenti di sebuah stasiun untuk memberi kesempatan bagi ka lawan arah untuk terlebih dahulu lewat).

"Disamping itu dengan double track maka kapasitas lintas akan meningkat sehingga frekuensi kereta api dapat ditingkatkan," tegas Heru.

Saat ini Railink mengoperasikan Kereta Bandara Internasional Kuala‎namu menuju Stasiun Medan sebanyak 40 perjalanan setiap harinya (PP). Perjalanan kereta baik dari bandara internasional Kualanamu ataupun dari stasiun Medan saat ini memiliki tingkat okupansi di atas 60 persen dari total kapasitas 172 tempat duduk.

Harga tiket kereta bandara s‎aat ini sebesar Rp 100 ribu per orang. Namun Railink juga memberikan diskon bagi beberapa penumpang, seperti pemegang kartu Mandiri Prioritas mendapatkan free tiket railink, pemegang BRI Prioritas diskon 50 persen, BNI Tap Cash diskon 50 persen, JCB diskon 50 persen, menggunakan Doku Wallet diskon 20 persen dan berkesempatan memenangkan hadiah jalan-jalan ke Bangkok.‎  (Yas/Ahm)
    

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini