Sukses

Mentan Tunjuk Hari Priyono Jadi Pelaksana Tugas Dirjen Peternakan

Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memberhentikan Muladno Basar dari jabatan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman memberhentikan Muladno Basar dari jabatan Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Pemberhentian ini terbilang mengejutkan karena dilakukan secara tiba-tiba.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat dan Informasi Publik Kementerian Pertanian Agung Hendriadi menyatakan, sebagai pengganti Muladno, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menunjuk Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Hari Priyono sebagai pelaksana tugas (Plt) sementara Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. 

"Plt-nya Pak Sekjen," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, seperti ditulis Sabtu (16/7/2016).

Agung mengungkapkan, pencopotan Muladno dari jabatan eselon I tersebut merupakan kewenangan Menteri Pertanian. Hingga saat ini belum ada alasan yang jelas dibalik pencopotan tersebut. "Wah belum tahu, itu Pak Menteri (yang tahu alasannya)," kata dia.

Sedangkan untuk pengisi jabatan ini secara tetap, nantinya akan dilakukan dengan mekanisme lelang jabatan. Calon pengganti Muladno akan mengikuti tahap beauty ‎contest pejabat eselon I. "Belum ada (pengganti tetap). Akan mengikuti proses lelang," lanjut Agung.

Sementara itu, saat ini dikonfirmasi oleh Liputan6.com, Muladno membenarkan dirinya sudah tidak lagi menjabat sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan. Dia juga mengaku belum tahu alasan dibalik pemberhentian tersebut. "Betul, saya diberhentikan. Mulai 12 Juli 2016 dan saya belum tahu alasannya," tandas dia.

Muladno menjabat sebagai Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan sejak tahun lalu. Dia dilantik oleh Menteri Pertanian Amran Sulaiman pada 1 Juni 2015.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini