Sukses

10 Kampus Pencetak Miliarder Terbanyak

Majalah Forbes merangkum beberapa nama universitas di Amerika Serikat yang mampu mencetak miliarder paling banyak.

Liputan6.com, Jakarta - Beberapa universitas terkemuka dunia dikenal dengan sistem pendidikannya yang sangat baik. Tak heran universitas tersebut pun mampu mencetak beberapa alumni yang mumpuni. Tak jarang diantaranya sukses untuk berkarir dan meraup kekayaan setaraf miliarder.

Data yang dihimpun oleh Forbes merangkum beberapa nama universitas di Amerika Serikat yang mampu mencetak miliarder. Peringkat pertama ditempati oleh kampus ternama University of Pennsylvania.

Universitas yang terdapat di Philadelphia ini mampu mencetak 21 orang miliarder yang berhasil masuk ke dalam daftar 400 orang terkaya versi Forbes. Beberapa alumni University of Pennsylvania antara lain Elon Musk dan istri mendiang Steve Jobs, Laurene Powell Jobs.

University of Pennsylvinia juga terkenal sebagai kampus almamater dari calon presiden Amerika Serikat, Donald Trump. Ia mendapatkan gelar ekonomi dari kampus ini pada tahun 1968. Dua orang anaknya juga merupakan dari alumni dari kampus ini.

Peringkat kedua dan ketiga ditempati oleh Harvard University dan Yale University. Dua kampus ini mampu mencetak miliarder sebanyak 14 orang.

Beberapa miliarder terkenal dari Harvard adalah CEO AirBNB Nathan Blecharczyk, Mantan CEO Microsoft Steve Ballmer, dan cucu miliarder minyak ternama David Rockefeller. Harvard juga terkenal dengan beberapa nama miliarder yang memutuskan keluar dari kampus tersebut seperti Mark Zuckerberg dan Bill Gates.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

daftar universitas

Dilansir dari Forbes, Jumat (15/7/2016) berikut 10 universitas pencetak miliarder terbanyak di dunia:

1 University of Pennsylvania

Jumlah miliarder: 21 orang

2 Harvard University

Jumlah miliarder: 14

3 Yale University

Jumlah miliarder: 14

4 Stanford University

Jumlah miliarder: 13

5 University of Southern California

Jumlah miliarder: 11

6 Cornell University

Jumlah miliarder: 9

7 Princeton University

Jumlah miliarder: 7

8 Columbia University

Jumlah miliarder: 6

9. Dartmouth College

Jumlah miliarder: 6

10. University of Michigan

Jumlah miliarder: 6

(Vna/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.