Sukses

7 Universitas Terbaik di Dunia

Pemilihan 7 Universitas terbaik berdasarkan kualitas pendidikan di universitas hingga jenjang karir dari para alumninya.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2016 ini, Universitas Harvard kembali menjadi universitas terbaik di dunia. Pemilihan universitas terbaik ini berdasarkan ranking dari 1.000 universitas terbaik di dunia, di mana 224 di antaranya berada di Amerika Serikat, 90 universitas di China, 74 universitas di Jepang, dan 65 di antaranya berada di Inggris.

Pemilihan 7 universitas terbaik ini, berdasarkan kualitas pendidikan di universitas tersebut, hingga jenjang karir dari para alumninya.

Daftar universitas terbaik ini tidak berdasarkan survey maupun data universitas. Berikut 7 universitas terbaik di dunia seperti dikutip dari Business Insider:

1. Universitas Harvard

Universitas yang telah dibangun sejak tahun 1636 ini memang terkenal dengan kesuksesan para alumninya, dan kualitas pendidikannya.

Banyak lulusan dari universitas ini menjadi Presiden Amerika Serikat, beberapa di antaranya Rutherford B. Hayes, John F. Kennedy, dan Barack Obama.

2. Universitas Stanford

Universitas yang terletak di Stanford, California ini terkenal dengan jurusan Ekonominya. Universitas Standford berhasil menghasilkan lulusan terbaik, beberapa di antaranya adalah Tiger Woods, dan Fredrick Aaron Savage.

Tidak heran, Universitas yang didirikan sejak tahun 1891 ini menjadi universitas kedua terbaik di dunia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Masssachusetts Institute of Technology

3. Masssachusetts Institute of Technology

Perkembangan teknologi di MIT (Massachusetss Institute of Technology) semakin meningkat seiring kualitas pendidikannya. Penghargaan yang diterima MIT pun terbilang cukup banyak, di mana pada tahun 2015 lalu saja, jumlah lulusan MIT yang meraih nobel sebanyak 85 buah.

4. Universitas Cambridge

Salah satu universitas tertua di Inggris ini, tidak diragukan lagi kualitas pendidkan hingga kesuksesan karir para alumninya. Universitas Cambridge sudah berdiri sejak 1209 dan dipandang sebagai universitas kelas atas, karena para bangsawan biasanya berkuliah di sini.

Selain bangsawan, banyak ilmuwan yang dicetak universitas ini seperti Charles Darwin, dan Walter Gilbert.

3 dari 4 halaman

Universitas Oxford

5. Universitas Oxford

Universitas tertua di Inggris ini selain menjadi universitas terbaik, juga menjadi universitas terfavorit di benua Eropa.

Jumlah mahasiswa di Oxford pada tahun lalu saja mencapai 22.602 mahasiswa. Banyak lulusan Oxford yang sukses seperti David Cameron, dan Bill Clinton.

6. Universitas Columbia

Universitas Columbia didirikan pada tahun 1754 dengan nama King’s College. Universitas yang terletak di kota New York ini, terkenal dengan jurusan hukum, kedokteran, pendidikan, teknik sipil, dan bisnis.

Beberapa lulusan terkenal dari universitas ini adalah Theodore Roosevelt, dan Franklin D. Roosevelt.

4 dari 4 halaman

Universitas California, Berkeley

7. Universitas California, Berkeley

Selain termasuk universitas terbaik di dunia, Universitas California juga merupakan salah satu universitas terbesar di Amerika Serikat. Universitas California sendiri terdiri dari 10 kampus, dengan jumlah mahasiswa 238.700 mahasiswa dan 1,7 juta alumni.

Dalam daftar tersebut, kampus Berkeley menjadi universitas terbaik di dunia dengan jurusan terkenal seperti kimia, teknik, jurnalistik, hukum, kesehatan, dan bisnis. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini