Sukses

Kemacetan Saat Mudik Jadi Pecut Investasi Besar di Infrastruktur

Kepala Bappenas Sofyan Djalil menuturkan kalau Presiden Jokowi meminta percepat pembangunan jalan tol trans Jawa.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) merespons kemacetan parah yang terjadi di exit tol Brebes Timur saat arus mudik Lebaran 2016.

Menteri PPN/Kepala Bappenas Sofyan Djalil mengungkapkan presiden memerintahkan kepada para menterinya untuk mempercepat pembangunan infrastruktur, terutama mengenai jalan tol.

"‎Apapun yang terjadi kemarin harus menjadi pelajaran berharga, sehingga Presiden memerintahkan percepat pembangunan jalan tol trans jawa, itu salah satu yang akan mengatasi masalah," kata Sofyan di kantornya, Selasa (12/7/2016).

‎Sofyan lebih menanggapi kemacetan di exit brebes itu sebagai hal positif. Salah satunya dengan adanya kemacetan berarti daya beli masyarakat Indonesia yang mayoritas kelas menengah mulai meningkat lantaran sudah memiliki mobil pribadi.

Terlepas dari siapa yang bersalah akibat kemacetan itu, menurut dia hal yang lebih penting adalah meningkatkan sinergi dengan seluruh pihak terkait dalam mempercepat pembangunan jalan tol Trans Jawa tersebut.

‎"Pengalaman kemarin kekacauan dan kemacetan total di Brexit (Brebes Exit) itu menjadikan istilahnya alarm call, bagi kita semua bahwa harus melakukan investasi besar-besaran di infrastruktur," ujar dia. (Yas/Ahm)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini