Sukses

Ini Menu Favorit Menko Darmin Nasution Saat Rayakan Lebaran

Menko Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar open house pada hari kedua Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menggelar open house pada hari kedua Idul Fitri tahun ini. Mantan Gubernur Bank Indonesia (BI) mengaku pada Lebaran selalu ada sajian makanan asal Sumatera Utara dan Sulawesi.

Dia menjelaskan, makanan asal Sumatera Utara lantaran dirinya lahir di Tapanuli. Sedangkan sang istri kelahiran Bolaang Mongondow, Sulawesi Utara.

"Kalau di rumah, ya makanannya dari daerah. Kan istri saya orang Sulawesi, saya orang Sumatera. Ya jadi dari dua itu," ujar dia di Jakarta, Kamis (7/7/2016).

Berbeda dengan kebanyakan orang yang menyediakan sajian ketupat dan opor ayam saat Lebaran, Darmin mengaku lebih suka dengan sajian ikan sale dan sayur daun singkong tumbuk yang merupakan makanan khas Mandailing.

"Kalau masakan mandailing pasti ada daun singkong ditumbuk di santan. Lalu ada ikan sale, dicabai. Ada pecel. Dari daerah istri saya pasti ikan. Ikan dibakar. Dicabai kemudian ada lagi Woku. Itu tidak pakai santan tapi dia kayak bumbu ya sehingga tidak terasa amis ikannya," kata dia.

Darmin menuturkan, menu-menu tersebut wajib ada saat Lebaran. Lantaran, selain keluarganya banyak tamu yang datang ke rumahnya mencari menu-menu tersebut.

"Ya iya (wajib) Karena orang pasti dari daerah istri saya pada datang. Dari daerah saya pada datang. Sehingga lebih merasa at home," ujar dia. (Dny/Ahm)

 

*Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini