Sukses

4 Jurusan Kuliah dengan Gaji Tertinggi

Beberapa jurusan memang menyediakan lapangan pekerjaan dengan gaji yang fantastis. Berikut 4 jurusan kuliah dengan gaji tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Banyak faktor yang membuat calon mahasiswa memilih jurusannya. Selain karena suka dengan jurusan kuliah tersebut, faktor kesuksesan juga menjadi penentu.

Beberapa jurusan kuliah memang menyediakan lapangan pekerjaan dengan gaji yang fantastis. Mengutip dari Forbes, berikut 4 jurusan kuliah dengan gaji tertinggi:

1. Teknik Kimia

Cabang ilmu yang mempelajari pengolahan barang mentah menjadi barang yang lebih berguna dan bernilai melalui proses kimia ini, kurang diminati oleh calon mahasiswa. Padahal, jurusan teknik kimia adalah jurusan dengan gaji tertinggi di dunia.

Gaji dari lulusan teknik kimia yang baru lulus saja bisa mencapai angka US$ 34.850 atau Rp 456 juta (Kurs: Rp 13.096 per dolar AS). Sedangkan gaji rata-rata dari lulusan teknik kimia adalah sebesar US$ 63.389 atau sekitar Rp 830 juta.

2. Teknik Komputer

Berbeda dengan teknik kimia, jurusan teknik komputer memiliki peminat yang cukup banyak. Rata-rata calon mahasiswa yang berminat dalam jurusan ini adalah kaum laki-laki. Tidak heran banyak yang memilih jurusan ini, karena gaji lulusan teknik komputer cukup tinggi.

Gaji dari lulusan teknik komputer yang baru lulus saja bisa mencapai angka US$ 34.800 atau sekitar Rp 455 juta, dan gaji rata-ratanya sebesar US$ 63.313 atau Rp 829 juta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Teknik Elektro

3. Teknik Elektro

Jurusan teknik elektro adalah jurusan yang berhubungan dengan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat. Jangan takut akan dibayar rendah ketika lulus dari jurusan ini, karena gaji lulusan teknik elektro termasuk 3 tertinggi di dunia.

Lulusan teknik elektro dapat memperoleh pendapatan mulai dari US$ 32.800 atau Rp 430 juta untuk lulusan baru, dan gaji rata-rata sebesar US$ 61.173 atau Rp 802 juta.

4. Software Design

Jurusan yang masih baru di Indonesia ini, memang belum banyak dikenal oleh masyarakat. Umumnya jurusan ini tergabung dalam jurusan Desain Grafis, atau jurusan Teknik Informatika. Walaupun masih abu-abu, jangan takut mencoba jurusan ini karena kesuksesan yang akan didapat cukup cemerlang.

Gaji pertama lulusan Sotware Design saja sebesar US$ 33.200 atau Rp 435 juta, dan gaji rata-rata lulusan ini mencapai US$ 60.104 atau Rp 787 juta. (Aldo Lim/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.