Sukses

Pekerja di Kawasan Industri Ini Bisa Beli Sembako Murah

Kementerian perindustrian telah berkoordinasi dengan para produsen dan asosiasi untuk sediakan sembako murah.

Liputan6.com, Jakarta Artha Graha kembali menggelar pasar murah yang menjual berbagai macam bahan kebutuhan pokok masyarakat dengan harga terjangkau. Pasar murah ini mendapat dukungan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin) karena digelar di kawasan industri ‎Pulo Gadung.

Direktur Industri Makanan, Hasil Laut dan Perikanan Kemenperin Abdul Rochim mengatakan, ada pasar murah ini bisa dimanfaatkan oleh para pekerja di kawasan industri sekaligus masyarakat sekitarnya untuk mendapatkan bahan kebutuhan pokok dengan harga murah. Terlebih lagi untuk daging dan gula pasir yang harganya relatif tinggi sejak awal Ramadan.

"Ada daging dan gula maka ini akan membantu masyarakat di sekeliling dan karyawan di sekitar kawasan industri bisa dapat harga yang sangat murah," ujar dia dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (30/6/2016).

Abdul mengungkapkan, dalam rangka menekan harga jelang Lebaran, pihaknya telah berkoordinasi dengan para produsen dan asosiasi untuk menyediakan produk-produk kebutuhan pokok masyarakat dengan harga murah.

"Seperti minyak goreng kita berkoordinasi dengan produsen dan asosiasi. Jadi untuk minyak goreng dan terigu mereka bisa menyuplai ‎daerah yang harganya relatif tinggi," kata dia.

Selain itu, lanjut Abdul, Menteri Perindustrian Saleh Husin juga telah mengirimkan surat kepada para kepala daerah untuk memberikan informasi jika terjadi lonjakan harga di daerahnya. Dengan demikian, pemerintah pusat bisa bertindak cepat‎ mengatasi lonjakan harga ini.

"Pak Menteri juga sudah kirim ke Gubernur, kalau di daerahnya ada harga pangan yang tinggi supaya diberitahukan kepada Kementerian Perindustrian. Kalau ada ada harga tinggi kami telepon produsen dan asosiasi agar bisa menggelar pasar murah, terutama jelang Lebaran ini," jelas dia.

‎Sementara itu, Chairman Artha Graha Network Tommy Winata menyatakan, pihaknya telah menggelar pasar murah ini di sekitar 3.807 titik di seluruh Indonesia. Pasar murah ini pun bukan hanya digelar jelang Lebaran saja, tetapi hingga akhir tahun ini.

"Ini dilaksanakan sampai akhir tahun dan akan terus dievaluasi," kata dia.

Sebanyak 3.807 titik tersebut menjual paket sembako dengan harga murah. Sedangkan untuk daging murah dijual pada pasar murah y‎ang digelar Artha Graha di wilayah Jabodetabek.

Koordinator Pasar Artha Graha Peduli, Randy Suparman, pada pasar murah di kawasan industri Pulo Gadung ini, ‎pihaknya menyiapkan 2.000-2.500 paket sembako berisi beras 2 kg, gula pasir 1 kg, minyak goreng 1 liter dan 3 bungkus mie instan. Paket tersebut bisa dibeli oleh masyarakat dengan harga Rp 25 ribu.

Selain itu, pasar murah ini juga menjual berbagai jenis daging dengan harga mulai Rp 30 ribu ribu untuk tetelan,  Rp 50 ribu per kg untuk tulang iga, daging sop Rp 55 ribu per kg, ‎daging beku Rp 70 ribu per kg dan daging segar Rp 75 ribu per kg.

"Kami menggunakan sistem KTP untuk di data sebelum masyarakat membeli. Ini dilakukan supaya tidak ada pihak yang bisa memborong‎ untuk dijual kembali. Jadi 1 KTP hanya bisa beli 1 paket," ujar dia. (Dny/Ahm)

**Ingin mendapatkan informasi terbaru tentang Ramadan, bisa dibaca di sini.

Ingin dongkrak potensi UKM lewat e-commerce? Simak video berikut ini:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.