Sukses

Pemudik Boleh Lalui Dua Ruas Tol Ini Gratis Saat Lebaran

Jalan tol fungsional adalah ruas tol yang sebenarnya belum selesai dibangun, namun bisa dilalui‎ pemudik untuk sementara waktu.

Liputan6.com, Jakarta - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengoperasikan beberapa ruas tol dalam rangka menghadapi arus mudik dan arus balik Lebaran tahun ini. Salah satu yang baru beroperasi adalah ruas Pejagan-Brebes Timur sepanjang 26 kilometer (km).

Tak hanya itu, demi mengurangi kemacetan saat mudik, Kementerian PUPR juga akan mengoperasikan jalan tol fungsional. Jalan tol fungsional adalah ruas tol yang sebenarnya belum selesai dibangun, namun bisa dilalui‎ pemudik untuk sementara waktu.

Menteri PUPR Basuki Hadimuldjono mengungkapkan ada dua ruas tol fungsional yang akan dioperasikan saat operasi Lebaran tahun ini. "Ruas tol fungsional itu Bawen-Salatiga dan Solo-Kertosono," kata Basuki seperti ditulis, Sabtu (25/6/2016).


Basuki mengungkapkan untuk ruas tol Bawen-Salatiga memiliki panjang 17‎ km. Sedangkan ruas tol Solo-Kertosono yang akan dioperasikan fungsional sepanjang 20 km. Dua ruas tol ini bisa dilalui para pemudik secara gratis.

Mengenai kondisi fisik jalan tol itu sendiri, Basuki menjamin sudah layak, meski masih belum sempurna seperti halnya dalam hal rambu-rambu dan juga penerangannya. "Tapi minimal semua rua stol ini sudah dibangun dasarnya, sudah cor, jadi tidak akan berdebu," dia menjelaskan.

Dua ruas tol ini terpaksa beroperasi sementara karena untuk mengurangi kemacetan yang ada di kota Salatiga dan kota Surakarta. Dengan demikian akan membantu para pengemudi dalam menuju ke kampung halaman.

Namun demikian, Basuki menghimbau kepada para pemudik untuk tetap berhati-hati saat melalui jalan tol fungsional ini, dan tidak memicu kendaraan dengan kecepatan maksimal. (Yas/Nrm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini