Sukses

Trik Gelar Pernikahan dengan Bujet di Bawah Rp 100 Juta

Untuk menyiapkan pesta pernikahan juga membutuhkan biaya terbilang besar. Butuh trik hemat untuk mengatasinya.

Liputan6.com, Jakarta - Pernikahan merupakan sebuah momen sakral dan hanya sekali saja dalam seumur hidup, maka sangat wajar jika anda menginginkan segala sesuatunya tampak istimewa dan berbeda dari yang lainnya.

Tidak harus selalu megah, tetapi berkesan dan penuh dengan kenangan yang indah, itulah yang mungkin Anda harapkan.

Untuk sebuah pernikahan yang tidak merepotkan, Anda tentu bisa menggunakan layanan sebuah Wedding Organizer (WO).

Namun hal tersebut akan membutuhkan sejumlah biaya yang terbilang besar, siapkah Anda dan pasangan dengan hal tersebut?    

Jika ternyata Anda dan pasangan tidak memiliki sejumlah dana besar, maka Anda bisa menggelar sebuah pesta pernikahan yang sederhana, dengan kisaran dana sebesar Rp 100 juta.

Jangan sedih dan beranggapan jika ini akan menjadi sebuah pesta yang sepi dan biasa saja, jika Anda bisa mengelola segala sesuatunya dengan baik, maka pesta ini akan berjalan lancar dan membuat Anda berdua menjadi pasangan berbahagia.

Jangan memaksakan sejumlah anggaran di luar kemampuan yang dimiliki, hal ini hanya akan membuat Anda dan pasangan memiliki sejumlah utang setelah pernikahan.

Atur anggaran pernikahan Anda dengan mengikuti beberapa poin penghematan di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (20/6/2016):

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tips Atur Anggaran Pernikahan


1. Biaya Akad Nikah

Biaya ini rata-rata sebesar Rp 600 ribu jika akad nikah dilakukan di luar kantor KUA. Jika Anda mengadakan pernikahan di KUA, maka hanya dikenakan sejumlah biaya yang kecil atau bahkan tidak dikenakan biaya sama sekali.

Namun ada banyak orang yang mengadakan akad nikah di rumah dengan suasana yang jauh lebih menyenangkan, barangkali Anda juga ingin mempertimbangkannya.

2. Biaya Tempat

Ini juga termasuk pos pengeluaran yang terbilang cukup besar di dalam sebuah pernikahan. Bahkan jika Anda memilih untuk melakukannya di gedung yang biasa-biasa saja, biaya yang dibutuhkan bisa mencapai belasan bahkan puluhan juta rupiah, sangat mahal bukan?

Jika keluarga anda atau pasangan memiliki halaman dan rumah yang cukup luas, maka tidak ada salahnya mengadakan pesta pernikahan di sana.

Namun hal tersebut tentu akan cukup merepotkan anda dan juga keluarga dalam mengatur letak berbagai perabotan di rumah untuk sementara.

Anda juga bisa mempertimbangkan untuk menggunakan gedung atau aula di sekitar tempat tinggal anda yang harga sewanya cukup terjangkau, ini akan menghemat banyak biaya pernikahan.

3 dari 3 halaman

Katering

3. Katering

Inilah salah satu biaya paling besar di dalam sebuah pernikahan, maka Anda harus jeli dan pintar dalam mengelolanya.

Temukan layanan katering terbaik dengan harga terjangkau dan sesuai dengan budget yang anda miliki. Lakukan test food dengan teliti, agar Anda benar-benar menemukan jenis makanan apa saja yang paling tepat untuk anda sajikan di pernikahan nanti.

Jika Anda mau sedikit bersusah payah, maka Anda bisa meminta bantuan kepada anggota keluarga anda untuk membantu menyiapkan sendiri konsumsi pernikahan anda.

Sewa beberapa tenaga untuk memasak, pastikan mereka benar-benar ahli dan bisa diandalkan, sehingga tidak kesulitan dalam mempersiapkan konsumsi tersebut.

4. Undangan dan Souvenir

Tidak harus mahal dan berlebihan, Anda bisa mencetak sejumlah undangan yang sederhana dan unik saja, sebab undangan hanya akan dibuang juga setelahnya.

Jika bisa, anda bahkan akan lebih praktis dan hemat jika anda menelepon/mengirimkan email kepada satu per satu teman atau kolega anda, sebab undangan bahkan membutuhkan sejumlah biaya pengiriman juga. Pilih souvenir yang unik dan menarik, namun dalam harga yang tidak terlalu mahal/terjangkau.

5. Paket Dekorasi dan Tata Rias

Jangan menggunakan satu per satu layanan ini, akan lebih hemat jika anda memilih layanan dengan sistem paket saja. Ada banyak vendor yang menyediakannya, dan Anda hanya perlu cermat dan teliti untuk menemukan satu vendor terbaik bagi pernikahan.

Paket ini biasanya sudah meliputi: dekorasi dengan tata rias, pakaian, MC, hiburan dan dokumentasi, jadi anda tidak akan repot-repot untuk mengurusnya satu persatu.

Menggabungkan prosesi akad nikah dan resepsi juga akan membuat Anda menghemat banyak biaya, seperti: biaya tempat, dekorasi, katering dan bahkan tata rias.

Selain itu, Anda juga bisa mengurangi jumlah undangan untuk melakukan penghematan, hal ini bahkan akan mengurangi jumlah biaya secara signifikan. Mungkin akan sedikit sulit, sebab Anda harus memilih siapa saja yang akan diundang dan siapa yang tidak. Utamakan keluarga dan juga para sahabat dekat Anda dan pasangan. (Ahm/Ndw)

Atur anggaran pernikahan Anda dengan mengikuti beberapa poin penghematan di bawah ini seperti dikutip dari www.cermati.com, Senin (20/6/2016):

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.