Sukses

6 Trik Agar THR Tidak Cepat Ludes

Anda harus tetap bisa menggunakannya dengan bijak. Jangan sampai THR tersebut langsung ludes sesaat setelah Anda mendapatkannya.

Liputan6.com, Jakarta - Hari Raya Idul Fitri sebentar lagi tiba. Semua orang termasuk Anda pasti sudah memikirkan kegiatan apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu liburan tersebut.

Namun tak hanya itu, kebahagiaan pun berlipat ketika uang Tunjangan Hari Raya (THR) turun. Hal itu pun menjadi salah satu momen yang paling ditunggu setelah Ramadan tiba.

Walau banyak hal yang dapat dilakukan dengan uang THR, Anda harus tetap bisa menggunakannya dengan bijak. Jangan sampai uang tersebut langsung ludes sesaat setelah Anda mendapatkannya.

 

Mengutip essentials.co.za, berikut beberapa hal yang dapat Anda lakukan terhadap uang bonus tersebut:

1. Buat rencana

Hal pertama yang Anda harus lakukan dengan uang bonus tersebut adalah membuat rencana pengeluaran. Rencana ini nantinya berguna sebagai patokan Anda dalam membuat pengeluaran. Alhasil nantinya uang tersebut pun dapat dimanfaatkan dengan lebih terencana.

2. Bayar hutang atau tagihan jangka pendek

Jangan lupa untuk membayar hutang atau tagihan yang mungkin masih Anda miliki. Hal ini harus dilakukan dengan segera karena tagihan tersebut dapat membuat kondisi finansial semakin memburuk apabila terus ditunda. Hutang dan tagihan yang lunas juga dapat membuat Anda lebih lega.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Selanjutnya

3. Pertimbangkan rencana jangka pajang

Uang bonus tersebut juga bisa Anda gunakan untuk membiayai rencana jangka panjang. Apabila Anda memiliki rencana untuk membeli rumah atau kredit kendaraan bermotor maka hal tersebut dapat diwujudkan dengan menggunakan uang dari bonus yang didapat

4. Sisihkan untung tabungan

Masih banyak keperluan yang menunggu untuk diselesaikan. Oleh sebabnya, menyisihkan uang untuk tabungan merupakan satu hal yang dapat Anda lakukan. Uang ini nantinya dapat berguna untuk membiayai keperluan Anda yang lain.

3 dari 3 halaman

Selanjutnya

5. Buat sebagai dana darurat

Apabila ada sesuatu hal terjadi pada Anda ataupun keluarga Anda, maka hal ini dapat ditutupi dengan dana darurat.

Banyak cara yang dapat dipakai untuk mempersiapkan dana darurat. Salah satu cara yang dapat Anda pakai adalah dengan menyisihkan sebagian dari bonus THR Anda tersebut.

6. Gunakan untuk keperluan yang diinginkan

Terakhir, Anda dapat menggunakan bonus THR untuk membeli barang dan kebutuhan yang selama ini diinginkan. Anda juga bisa menggunakan uang tersebut untuk bersenang-senang dengan teman dan keluarga. (Vna/Ndw)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Tips keuangan adalah beberapa petunjuk praktis untuk mengatur atau mengelola keuangan.

    Tips Keuangan

  • THR adalah pendapatan non upah yang wajib dibayarkan pengusaha kepada pekerja atau keluarganya menjelang hari raya keagamaan di Indonesia.

    THR

  • THR Lebaran adalah Tunjangan Hari Raya yang dibayarkan setiap pengusaha kepada karyawannya setidaknya H-7 Lebaran Idulfitri.

    THR Lebaran

  • Tips THR

Video Terkini