Sukses

Resmi Beroperasi, SPAM Angke Salurkan Air Bersih ke Tangerang Selatan

PT PP Infrastruktur (PP Infra) melakukan peresmian pengoperasian SPAM Angke.

Liputan6.com, Jakarta - PT PP (Persero) Tbk melalui anak usahanya yang bergerak di bidang investasi infrastruktur, yaitu PT PP Infrastruktur (PP Infra) melakukan peresmian pengoperasian SPAM Angke.

PP Infra membentuk Badan Usaha Pelaksana Kerjasama dengan PT Pembangunan Investasi Tangerang Selatan (PITS) yang diberi nama PT Tirta Tangsel Mandiri (TTM).

Sebelumnya, untuk pengadaan Sistem Penyedian Air Minum (SPAM) Kali Angke, PITS sebagai BUMD Tangerang Selatan melakukan serangkaian proses pengadaan Badan Usaha untuk memilih mitra kerjasama yang handal dalal investasi, pembangunan, dan pengopersian. Sebagai anak usaha dari PTPP dan berbekal pengalaman yang ada, PP Infra dipercaya untuk menjadi mitra dalam pembangunan SPAM Kali Angke untuk kerjasama selama 30 (tiga puluh) tahun.

“Saat ini Kota Tangerang Selatan belum mempunyai Sistem Air Minum yang dioperasikan sendiri dan masih mengandalkan pelayanan dari PDAM TKR Kabupaten Tangerang serta pelayanan air minum mandiri yang berada di perumahan skala besar yang dikelola oleh developer. Cakupan pelayanan air minum Kota Tangerang Selatan masih sangat rendah, yaitu sekitar 7 persen sedangkan target Penyediaan Air Minum Kota Tangerang Selatan yang harus dicapai pada tahun 2019 sebesar 40 persen," Direktur Utama PP Infakepada media Didik Mardiyanto dalam keterangan tertulis di Jakarta, Sabtu (29/8/2020).

Dengan pembangunan SPAM ini diharapkan dapat menambah kapasitas pelayanan untuk 33.500 lebih sambungan langsung ke rumah-rumah. Hal tersebut memberikan tambahan layanan kepada sekitar 167.000 penduduk di Tangerang Selatan atau mencakup ± 38 persen penduduk yang dapat merasakan akses langsung air minum.

Adapun lingkup pekerjaan yang telah dilakukan dalam pembangunan SPAM, antara lain: pembangunan dan pengoperasian unit air beku; pembangunan dan pengoperasian unit produksi serta reservoir air minum; dan pembangunan jaringan distribusi sampai retikulasi sepanjang ± 300 kilometer yang kemudian akan dioperasikan oleh PITS.

Dalam lingkup pembangunan dan pengoperasian unit air beku, TTM akan membangun sadap dan bendung air baku yang didesain mampu mengalirkan air baku secara terus menerus sebesar 240 liter per detik.

 

** Saksikan "Berani Berubah" di Liputan6 Pagi SCTV setiap Senin pukul 05.30 WIB, mulai 10 Agustus 2020

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pembangunan Pipa Transmisi Air Baku

Selain itu, akan melakukan pembangunan pipa transmisi air baku dan sistem pemompaan air baku. Sementara itu, di lingkup pembangunan dan pengoperasian unit produksi serta reservoir air minum, TTM akan melakukan instalasi pengolahan air minum berkapasitas output sebesar 220 liter pe rdetik dimana saat ini sudah beroperasi 100 liter per detik.

Selain itu, TTM akan melakukan sistem perpompaan air minum untuk jaringan distribusi, bangunan pelengkap atau penunjang (kantor pengelola, ruang laboraturium, ruang Gudang kimia, ruang kerja operator dan bangunan genset). TTM juga akan membangun sistem control instalasi pengolahan air SCADA dan sistem kontrol distribusi dengan Variable Speed Drive (VSD) serta pemasangan daya listrik PLN dan Genset.

"Dengan diresmikannya SPAM Kali Angke ini diharapkan pelayanan air minum yang berada di Kota Tangerang Selatan dapat terpenuhi. Pembangunan SPAM Kali Angke ini menggunakan teknologi Water Treatment Plantsehingga air bersih yang disalurkan dapat langsung diminum oleh pelanggan,” tutup Didik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.