Menhub Minta Operator Angkutan Tak Cuma Kejar Untung Saat Lebaran

Oleh Ilyas Istianur Praditya pada 10 Jun 2016, 21:15 WIB
Diperbarui 10 Jun 2016, 21:15 WIB
Menteri Perhubungan Ignasiun Jonan
Perbesar
Menhub Ignasiun Jonan memberikan keterangan pers soal taksi online (Liputan6.com/Mochamad Khadafi)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan menghimbau kepada para operator angkutan Lebaran untuk tidak mengutamakan keuntungan semata. Himbauan ini terutama kepada pengelola maskapai penerbangan.

Jonan meminta keselamatan penumpang angkutan Lebaran harus menjadi prioritas utama. Sebab itu, dalam operasi Lebaran kali ini, Jonan menargetkan zero accident.

"Saya mohon operator bukan menganggap ini pesta, hanya mencari keuntungan, karena ini one way, berangkat penuh pulang kosong," kata Jonan di kantornya, Jumat (10/6/2016).

Dia pun meminta seluruh karyawan operator angkutan Lebaran untuk tidak berlibur demi menyukseskan operasi angkutan Lebaran kali ini.


Tak hanya para operator, Jonan mengaku jajarannya di Kementerian Perhubungan juga akan tetap siaga alias tak libur. Para karyawan diminta berkonsentrasi dan tidak boleh lalai.

"Kebanyakan accident karena kelalaian. Baik operator atau maintenance kurang," papar Jonan.

Khusus untuk maskapai penerbangan, Jonan meminta kepada manajemen dan otoritas bandara memeriksa setiap pesawat satu demi satu. Angkutan udara merupakan satu moda yang membutuhkan tingkat keselamatan yang paling tinggi dibandingkan moda angkutan lainnya.

"Akan ada 529 pesawat yang beroperasi, itu diperiksa satu per satu, tidak ada maskapai yang lolos. Kalau dari awal membahayakan mending tidak usah jalan," tegas dia. (Yas/Nrm)

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya