Jadi Pekerja Paruh Waktu Produktif dengan 4 Cara Ini

Oleh Vina A Muliana pada 11 Jun 2016, 18:52 WIB
Diperbarui 11 Jun 2016, 18:52 WIB
Ilustrasi. Freelance
Perbesar
Ilustrasi. Freelance

Liputan6.com, Jakarta - Perkembangan zaman yang semakin dinamis membuat banyak orang kini yang memilih untuk bekerja sebagai pekerja paruh waktu (freelance). Selain dapat mengatur waktu dengan lebih leluasa, pekerja paruh waktu juga dapat mengerjakan pekerjaannya dari mana saja.

Dibalik berbagai keuntungan yang dapat mereka dapatkan, pekerja paruh waktu juga ternyata memiliki beberapa tantangan yang harus mereka hadapi. Akan tetapi, hal tersebut bisa diatasi agar bisa menjadi seorang pekerja paruh waktu yang produktif.

Melansir Fortune, Sabtu (11/6/2016) berikut beberapa hal yang dapat dilakukan:

1. Tahu dengan jelas tujuan karier

Bekerja paruh waktu berarti Anda tidak lagi diikat dengan kepentingan perusahaan. Walaupun begitu, seorang pekerja paruh waktu juga harus dapat mengerti betul tujuan karir yang diinginkan. Hal ini dapat membantu mereka untuk mewujudkan kerja yang produktif.

2. Bangun koneksi yang luas

Salah satu hal yang dapat mendukung kemajuan karir dari seorang pekerja paruh waktu adalah koneksi yang luas. Koneksi tersebut dapat membuat mereka mendapat kesempatan pekerjaan dengan lebih banyak. Pekerja paruh waktu dapat bekerja dengan produktif apabila memanfaatkan kesempatan yang ia dapat dari koneksinya tersebut.

Selanjutnya

3. Mampu kelola keuangan

Satu hal yang terkadang sulit untuk dilakukan bagi para pekerja freelance adalah mengatur keuangan. Oleh karenanya, mereka harus bisa mengatur keuangan yang dimiliki agar bisa membiayai hidupnya dengan baik. Hal ini dapat dimulai dengan memiliki anggaran yang jelas setiap bulan sehingga dapat menggaji diri mereka sendiri.

4. Jangan mencoba untuk mengerjakan semuanya

Banyaknya pekerjaan yang datang membuat banyak pekerja paruh waktu selalu ingin mengerjakan semua hal dalam waktu yang bersamaan. Alhasil hal ini pun berimbas pada kesehatan yang menurun. Mengerti kemampuan diri sendiri merupakan kunci yang harus dilakukan agar bisa bekerja dengan produktif.

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

BERANI BERUBAH: Soto Gratis Warga Isoman