Sukses

Trik Hindari Pengeluaran Berlebih Saat Belanja

Banyak orang tidak bisa mengontrol emosi dan hasrat saat berbelanja sehingga pengeluaran jadi menggunung.

Liputan6.com, Jakarta - Pusing melihat rekening dan tagihan ketika selesai berbelanja jadi masalah banyak orang. Mirisnya, hal ini terjadi juga karena kesalahan sendiri yang seharusnya tidak boleh dilakukan.

Namun, banyak orang tidak bisa mengontrol emosi dan hasrat saat berbelanja sehingga pengeluaran jadi menggunung. Untuk itu, sebaiknya Anda melakukan beberapa trik berikut agar belanja jadi lebih hemat.

Berikut 5 tips dan trik menghindari pengeluaran berlebih saat belanja, seperti mengutip www.cekaja.com, Rabu (8/6/2016):

1. Coba bandingkan harga

Kalau Anda sedang belanja di Mall, coba bandingkan harga item-item pilihanmu di store yang berbeda. Hal ini akan membuatmu mendapatkan harga yang terbaik.

Bukan cuma itu, ini juga berlaku untuk Anda yang suka belanja online. Jangan malas untuk membandingkan harga antara online shop yang satu dengan yang lainnya.

Dengan sedikit melawan rasa malas, Anda bisa menghemat pengeluaran hingga 50 persen. Maka dari itu, jangan pernah malas untuk membandingkan harga.

2. Jalan ke mall? Manfaatkan kartu kredit!

Kalau Anda pergi ke mall entah itu sendiri, bersama teman atau pacar, cobalah menahan nafsu berlebihan untuk belanja. Jika memang butuh, ada baiknya Anda manfaatkan kartu kredit yang untuk berbelanja. Mengapa? Karena tidak sedikit kartu kredit yang menawarkan promo atau diskon belanja.

Jadi, dibanding beli dengan uang tunai atau kartu debit tapi tidak dapat diskon, lebih baik beli barang-barang yang dibutuhkan dengan kartu kredit tertentu agar Anda mendapatkan potongan harga. Belum punya kartu kredit? Langsung saja apply kartu kredit.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tips Lain

3. Bedakan kebutuhan dan keinginan

Saat pergi ke pusat perbelanjaan atau surfing di toko online, seringkali Anda tergiur untuk membeli banyak barang. Padahal, barang tersebut belum tentu menjadi kebutuhan Anda. Oleh karena itu, mulai sekarang cobalah untuk membedakan antara kebutuhan dan keinginan.

Jangan sampai uang sudah keluar banyak tetapi barang yang dibeli tidak bisa dimanfaatkan dengan baik. Hindari mengeluarkan uang banyak hanya untuk memenuhi gudang saja.

4. Fokus dengan bujet yang dimiliki

Hal lain yang perlu diperhatikan agar pengeluaran tidak membengkak saat belanja adalah fokus. Fokus yang dimaksud adalah fokus dengan bujet dan rencana belanja yang dimiliki. Misalnya, Anda memiliki bujet Rp 3 juta untuk membeli smartphone baru atau cicilan maksimal Rp 300 ribu per bulan.

Maka, jangan sampai tergiur dengan smartphone yang memiliki harga lebih dari itu. Kenapa? Karena nantinya, cicilan atau utang yang harus dibayar akan memberatkan keuanganmu.

5. Perhatikan cicilan bulanan

Ketika memutuskan untuk belanja menggunakan kartu kredit, maka Anda harus benar-benar memperhatikan jumlah cicilan bulanannya. Apabila saat ini tagihan yang setiap bulan datang sudah membuatmu kesulitan, sebaiknya kurangi pemakaian kartu kredit saat belanja kemudian hari.

Hal ini tidak lain untuk menjaga kondisi keuanganmu tetap stabil dan tidak berantakan karena cicilan kartu kredit yang membengkak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.