Sukses

Sambut Puasa, Harga Bawang Merah di Kisaran Rp 45 Ribu per Kg

Pedagang menilai harga bawang merah tinggi disebabkan pasokan minim karena banyak pedagang yang libur.

Liputan6.com, Jakarta - Harga bawang merah terpantau stabil  di pasar tradisional memasuki hari pertama puasa. Harga bawang merah masih berada di kisaran Rp 44 ribu-45 ribu per kg tak banyak berubah dari pekan lalu.

Pedagang sayur di Pasar Kebayoran Lama, Siti Fathonah (46) mengatakan, harga bawang merah stabil namun masih terhitung tinggi.

"Bawang merah masih Rp 44 ribu-45 ribu per kg. Udah stabil segitu. Tapi ibaratnya bawangnya bagus-bagus, gede-gede," kata dia kepada Liputan6.com, di Pasar Kebayoran Lama Jakarta, Senin (6/6/2016).

Dia mengatakan, ti‎ngginya bawang merah kemungkinan juga disebabkan oleh minimnya pasokan karena banyak pedagang yang memutuskan untuk libur. Di Pasar Induk Kramat Jati, dia bilang harga bawang merah dijual dengan harga Rp 42 ribu-43 ribu per kg.

"Bawang merah ambil dari Pasar Induk Rp 42 ribu-43 ribu. Tergantung, pagi beda, sore beda. Tergantung stok di sana," ujar dia.

Kondisi berbeda terjadi pada komoditas cabai merah keriting. Dia menuturkan, cabai merah keriting naik dari minggu lalu sebesar Rp 24 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per kg pada awal pekan ini.

Siti berkata, harga cabai keriting merah di Pasar Induk mencapai Rp 26 ribu per kg. Itu berarti, lanjut dia harga cabai merah keriting sama dengan harga cabai merah rawit yang harganya stabil di Rp 30 ribu per kg.

"Rawit merah Rp 30 ribu per kg kalau (minggu) kemarin, keriting sama‎," kata dia.


Berikut pantauan harga kebutuhan pangan Liputan6.com:

Bawang merah Rp 45 ribu per kg
Bawang putih Rp 40 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg
Cabai merah keriting Rp 30 ribu per kg
‎Tomat Rp 12 ribu per kg
Buncis Rp 15 ribu per kg
Sawi Rp 10 ribu per kg
Wortel Rp 18 ribu per kg
Daun bawang Rp 22 ribu per kg
Kol Rp 12 ribu per kg

 

(Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini