Sukses

AP II Selesaikan Pembebasan Lahan Landasan ke-3 Bandara Soetta

PT Angkasa Pura II diberikan waktu tiga bulan untuk membayar pembebasan lahan.

Liputan6.com, Jakarta - PT Angkasa Pura II (AP II) menargetkan pembebasan lahan untuk landasan pacu atau runway ke-3 Bandara Soekarno Hatta selesai pada akhir tahun ini. Dengan begitu, perseroan bisa melakukan proses konstruksi pada awal 2017.

Direktur Utama AP II Budi Karya Sumadi mengatakan, saat ini pembebasan lahan tengah pada proses appraisal atau penentuan nilai aset.

"Sekarang dalam proses pembebasan tanah sesuai aturan pemerintah, sekarang lagi appraisal, kita ikutin. Insya Allah akhir tahun selesai," kata dia di Hotel Mulia Senayan Jakarta, Jumat (3/6/2016).

Dia mengatakan, ‎jika sudah ditetapkan maka AP II akan langsung membayar tanah tersebut. Untuk membayarnya, perseroan diberi tenggat waktu selama tiga bulan.

Namun, jika pembebasan lahan tidak selesai maka perundingan akan diselesaikan di pengadilan. "‎Tiga bulan ke depan kalau tidak terima ke pengadilan. Angka yang kita berikan reasonable karena pihak ketiga yang melakukan appraisal," ujar dia.

Dia menuturkan, untuk pembangunan landasan ini membutuhkan lahan sekitar 200 ha. Sementara, AP II baru menuntaskan sekitar 40 ha.

Budi mengatakan, sebagian besar dana pembangunan landas pacu tersebut akan memakai Penyertaan Modal Negara (PMN). "Runway ketiga diharapkan sebagian PMN, kecuali PMN nggak ada pakai alternatif lain," ujar dia. (Amd/Ahm)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini