Sukses

Harga Gula Pasir Tembus Rp 16 Ribu per Kg

Harga gula pasir di pasar tradisional masih belum mengalami penurunan.‎

Liputan6.com, Jakarta - Harga gula pasir di pasar tradisional masih belum mengalami penurunan.‎ Di PD Pasar Jaya Pasar Mampang, Jakarta Selatan harga gula pasir masih bertahan di kisaran Rp 15 ribu-Rp 16 ribu per kilogram (kg)

Yanto (40) salah satu pedagang bahan kebutuhan pokok di pasar tersebut mengungkapkan, kenaikan harga gula pasir sudah berlangsung sejak awal bulan lalu. Kenaikan tersebut diperkirakan lantaran kurangnya pasokan gula ke pasar-pasar tradisional.

"Normalnya Rp 11 ribu, tapi sekarang jualnya sudah Rp 15 ribu sampai Rp 16 ribu. Katanya karena pasokannya kurang, makanya harganya tinggi. Ditambah lagi mau puasa kaya gini pasti harga-harga pada naik," ujar dia saat berbincang dengan Liputan6.com di Jakarta, Jumat (3/6/2016).


Selain gula, harga bahan kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan dibandingkan harga normal yaitu minyak goreng dan telur ayam.

Untuk minyak goreng, biasanya dijual pada harga Rp 11 ribu kini melonjak menjadi Rp 13 ribu per kg. Sedangkan telur ayam dari sebelumnya Rp 20 ribu menjadi Rp 22 ribu per kg.

"Yang harganya lagi tinggi juga itu telur sama minyak goreng. Naiknya ‎Rp 2.000. Mudah-mudahan dekat-dekat puasa nggak naik lagi harganya. Kalau bisa turun," tandas dia.

Berikut daftar harga bahan kebutuhan pokok berdasarkan pantauan Liputan6.com:

- Beras medium Rp ‎10 ribu per kg
- Minyak goreng Rp 13 ribu per kg
- Tepung Terigu Rp 8.000 per kg
- Gula Pasir Rp 16 ribu per kg
- Kacang tanah Rp 23 ribu per kg
- Gula merah Rp 15 ribu per kg
- Telur ayam Rp 22 ribu per kg
- Garam Rp 3.000 per 200 gram

(Dny/Ndw)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini